Cilegon (ANTARA News) - Pabrik pipa baja ERW #2 PT KHI Pipe Industries yang baru selesai dibangun dan mulai beroperasi 14 Oktober 2014 tengah mengejar pemenuhan pesanan perdana mereka sebesar 2.700 ton dari Pertamina Hulu Energi (PHE).

Hal itu disampaikan Direktur Produksi dan Teknik PT KHI Pipe Industries Nizar Rahmat di Cilegon, Banten, Selasa, dalam kunjungan kerja Menteri Perindustrian Saleh Husin.

"Semenjak resmi beroperasi kami langsung dapat order untuk kebutuhan industri migas, PHE, sebesar 2.700 ton," katanya.

Nizar menuturkan pemesanan yang jatuh tempo pada pertengahan Desember 2014 itu saat ini sudah terpenuhi sebanyak 40 persen.

Pabrik baru mereka berkapasitas produksi sebanyak 115.000 ton per tahun, menambah total keseluruhan kapasitas produksi PT KHI Pipe Industries menjadi 220.000 ton per tahun.

Sementara itu Direktur Utama PT Krakatau Steel, induk perusahaan PT KHI Pipe Industries, Irvan Kamal Hakim mengatakan pabrik baru tersebut memakan investasi sebesar Rp305 miliar.

"Untuk pabrik baru ini yang untuk memproduksi pipa LNG juga nilai investasinya mencapai Rp305 miliar," katanya.

Dalam kunjungannya tersebut, Menteri Saleh juga sempat menandatangani plakat peresmian pabrik baru PT KHI Pipe Industries.

Saleh mengatakan bahwa dalam kunjungannya ia dan jajarannya ingin melihat secara langsung kinerja pabrik-pabrik yang bersangkutan dan memahami tantangan apa saja bagi industri besi baja agar bisa berkembang di masa mendatang.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014