...pemerintah Singapura menyatakan minat untuk berpartisipasi dalam upaya pemerintah Indonesia membangun infrastruktur, terutama infrastruktur kelautan
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Singapura menyatakan minat untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur kelautan di Indonesia, itu terungkap dari pertemuan antara Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Singapura K Shanmugam.

"Dalam hal investasi, pemerintah Singapura menyatakan minat untuk berpartisipasi dalam upaya pemerintah Indonesia membangun infrastruktur, terutama infrastruktur kelautan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Michael Tene di Jakarta, Kamis.

Michael menyebutkan, Menlu Retno LP Marsudi melakukan kunjungan kerja ke Singapura dan bertemu dengan Menlu dan Perdana Menteri Singapura.

"Ini bagian dari format pertemuan antar Menlu yang dilakukan setiap enam bulan sekali untuk meninjau hubungan kerja sama bilateral maupun upaya peningkatan kerja sama," ujar dia.

Menurut Michael, dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu membahas upaya dan peluang untuk peningkatan kerja sama ekonomi, terutama di bidang perdagangan dan infrastruktur.

"Kedua Menlu membahas peluang-peluang kerja sama ekonomi, misalnya di bidang perdagangan. Kami meninjau produk-produk pertanian Indonesia yang berpeluang untuk dipasarkan di Singapura," katanya.

Selain itu, tambahnya, ada juga pembahasan mengenai peluang investasi Singapura ke Indonesia, termasuk di dalam pembangunan infrastruktur kelautan, seperti yang sedang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia saat ini.

"Hal ini masih akan dibahas lebih lanjut, dan ini sesuai dengan visi-misi ekonomi kemaritiman dari Bapak Presiden (Joko Widodo)," ujarnya.

Indonesia memang sedang mendorong peningkatan kerja sama internasional terutama untuk bidang infrastruktur dan kemaritiman, yang merupakan prioritas pembangunan ekonomi yang diusung pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Presiden RI Joko Widodo telah mengemukakan keinginan pemerintah Indonesia untuk peningkatan kerja sama di dua bidang tersebut dalam tiga konferensi tingkat tinggi (KTT) yang diselenggarakan selama bulan November, yakni KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC), KTT ASEAN, dan KTT G20. 

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014