Jakarta (ANTARA News) - Rahmad Darmawan kembali menukangi tim Persija setelah mantan pelatih Persebaya Surabaya itu menandatangani kontrak dengan manajemen tim yang berjuluk Macan Kemayoran di Kantor Persija, Jakarta, Kamis.

Bagi Rahmad Darmawan, tim Macan Kemayoran itu sudah begitu dekat. Pada musim, 2006 serta 2009/2010, pria yang juga anggota TNI AL telah mencurahkan tenaga demi mengembangkan klub asal ibukota itu. Hanya saja, belum mampu menyumbangkan juara.

Dikontraknya pria yang akrab disapa RD memupus beberapa spekulasi yang selama ini berkembang. Sebelumnya ada nama Aji Santoso dan Dejan Antonic yang disebut-sebut akan menjadi arsitek Persija dalam mengarungi Indonesia Super League (ISL) 2014/2015.

"Hari yang ditunggu-tunggu sudah tiba. Penandatangan kontrak dengan coach Rahmad Darmawan akhirnya kami dilakukan," kata Presiden Persija Jakarta, Ferry Paulus usai penandatanganan kontrak bersama Rahmad Darmawan.

Menurut dia, salah satu alasan dipilihan RD untuk menukangi Persija adalah persamaan visi yang ingin membawa tim asal ibukota ini menjadi yang terbaik di kompetisi tertinggi di Tanah Air. Adapun durasi kontrak selama satu tahun.

"Ini bagian dari proses. Saya di sini tetap butuh dukungan dari manajemen dan suporter. Semoga nantinya bisa lebih baik," kata RD usai penandatanganan kontrak.

Persija Jakarta bisa dikatakan sebagai tim yang haus dengan gelar. Prestasi tertinggi tim Macan Kemayoran didapat pada 2001. Setelah itu, meski sering ganti pelatih prestasi tertinggi sulit didapat. Padahal dukungan dari suporter fanatiknya yaitu Jakmania sangat besar.

Bahkan pada musim kompetisi 2013/2014 hanya mampu finis di urutan kelima di bawah tim yang selama ini hanya berkuat di papan tengah yaitu Pelita Bandung Raya. Dengan posisi itu, Persija gagal melangkah ke semifinal.

Sebenarnya, Persija mempunyai pelatih yang cukup berpengalaman yaitu Benny Dolo serta beberapa pemain nasional seperti Dani Saputra dan Ramdani Lestaluhu. Hanya saja, skuad yang ada belum mampu membendung kedigdayaan Persib Bandung.

Persib Bandung untuk menjadi juara kompetisi tertinggi di Tanah Air ini butuh waktu 19 tahun. Dengan memilih kembali Rahmad Darmawan diharapkan bisa menjadi cambuk karena pelatih kelahiran Lampung itu terkenal lihai dalam mengelola tim. Sebelumnya RD membawa Persipura dan Sriwijaya FC menjadi juara Liga Indonesia.



Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014