London (ANTARA News) - Penulis kriminal Inggris P.D. James, pencipta karakter detektif penulis puisi Adam Dalgliesh, meninggal dunia pada usia 94 tahun, kata penerbitnya Kamis (27/11).

"Kita semua akan merindukannya," kata Charles Elliott, editornya di Knopf, dalam satu pernyataan.

"Buku-bukunya ada di kelasnya sendiri, secara konsistem menghibur dan ditulis dengan baik dan seserius fiksi-fiksi manapun pada masa kita," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Perdana Menteri David Cameron lewat Twitter mengatakan: "Sedih mendengar kematian P.D. James, salah satu penulis kriminal terbesar Inggris, yang menggetarkan dan menginspirasi generasi pembaca."

Phyllis Dorothy James, pencipta Baroness James of Holland Park tahun1991, merupakan penulis dari 20 buku, kebanyakan telah difilmkan dan disiarkan televisi di Inggris dan Amerika Serikat.

Di antara karya-karyanya yang terkenal ada "The Murder Room", "The Lighthouse", "The Children of Men" dan baru-baru ini "Death Comes to Pemberley".

Ia lahir di Oxford tahun 1920, putri seorang pegawai negeri. Ia pernah bekerja di beragam lembaga pemerintah termasuk departemen forensik di kementerian dalam negeri Inggris.

Dia mengatakan di lamannya bahwa sejak kecil dia ingin menjadi novelis dan kemudian menulis novel kejahatan karena terpesona oleh konstruksi yang dibutuhkan untuk buku-buku kriminal.

Ia menambahkan: "Setelah mencapai kemajuan dalam ketrampilan menulis saya jadi yakin bahwa mungkin untuk menulis dalam tradisi cerita detektif klasik dan masih dianggap sebagai novelis serius dan menyatakan sesuatu yang benar tentang perempuan dan lelaki dan masyarakat tempat mereka hidup."

Menurut dia, pahlawannya, detektif polisi Dalgliesh, tidak dibuat berdasarkan seseorang yang dia tahu tapi mewakili kualitas-kualitas yang paling dia kagumi pada seorang pria: kepekaan, keberanian dan kepandaian.

Dagliesh muncul dalam buku pertamanya "Cover her Face" yang dipublikasikan pada 1962, ketika dia berusia 42 tahun, dan 13 buku lainnya, yang terakhir "The Private Patient" yang muncul tahun 2008.

P.D James juga membuat kisah perempuan detektif Cordelia Grey yang muncul dalam "An Unsuitable Job for a Woman" dan "The Skull Beneath the Skin."

Dia juga hakim dan menjadi gubernur BBC. James mendapat penghargaan Diamond Dagger dari Crime Writers' Association's tahun 1987 dan Medal of Honor for Literature dari National Arts Club tahun 2005.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014