Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menggelar Festival Seni dan Budaya Betawi pada 29 dan 30 November 2014.

Kegiatan tersebut berlangsung di tiga lokasi berbeda, yaitu Lapangan Banteng (Jakarta Pusat), Setu Babakan (Jakarta Selatan) dan pusat perbelanjaan Epicentrum Kuningan (Jakarta Selatan).

"Festival Seni dan Budaya Betawi akan menampilkan beragam artis dan seniman Betawi lintas generasi, dari yang muda sampai yang sudah tua," kata Kepala Disparbud DKI Arie Budhiman di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, kesenian dan kebudayaan Betawi yang akan ditampilkan, antara lain Gambang Kromong, Lenong Betawi, beragam tari Betawi, lagu-lagu Betawi legendaris, pemutaran film Betawi serta Wayang Golek Betawi.

"Kami berharap penyelenggaraan kegiatan ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan unjuk kreativitas bagi para seniman dan budayawan Betawi," ujar Arie.

Dengan demikian, dia menuturkan kesenian dan kebudayaan Betawi dapat terus eksis di tengah dinamika modernitas budaya urban Jakarta.

"Karena penyelenggaraan kegiatan-kegiatan seni dan budaya semacam itu merupakan faktor yang mampu memperkuat posisi dan daya saing budaya Betawi sebagai tuan rumah di kotanya sendiri," tutur Arie.

Disamping itu, dia mengungkapkan melalui festival tersebut, maka diharapkan seluruh masyarakat dapat lebih mengenal seniman-seniman Betawi sekaligus mendapatkan hiburan yang seru tanpa dipungut biaya.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014