Setahun akan kelihatan, siapa yang berbakat, 20 anak yang berbakat akan dimasukkan ke klub
Jakarta (ANTARA News) - Legenda bulu tangkis Tanah Air Rudy Hartono meresmikan program sekolah bulu tangkis untuk tiga sekolah dasar (SD) yakni SDN Lawanggintung 2 Bogor, SDN Lawanggintung 1 Bogor, dan SDN Semeru di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

"Ketika saya meraih juara All England pada 1972, kemudian saya menorehkan sejarah delapan kali juara All England, saya ingat bahwa saya harus membina calon atlet bulu tangkis sejak muda," ujar Rudy didampingi oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Rudy Hartono berlatih bulu tangkis sejak berumur delapan tahun. Ayahnya yang berjasa membawa Rudy menjadi atlet dengan prestasi dunia.

"Sekolah ini sebenarnya keinginan saya sejak lama, yang baru tercapai pada hari ini," tambah dia yang juga Ketua Yayasan Olahragawan Indonesia (YOI) itu.

Dalam pelaksanaan program itu, pelatih-pelatih bulu tangkis dari YOI akan melatih sebanyak 250 murid SD. Mereka akan mendapat latihan satu kali dalam seminggu.

Dari latihan itu, diharapkan akan muncul bibit unggul atlet bulu tangkis Tanah Air.

"Setahun akan kelihatan, siapa yang berbakat, 20 anak yang berbakat akan dimasukkan ke klub," jelas dia.

Rudy mengaku prihatin dengan menurunnya prestasi bulu tangkis di Tanah Air yang berimbas pada turunnya animo masyarakat akan aktivitas bulu tangkis.

"Program ini upaya konkret untuk mengakrabkan kembali bulu tangkis pada masyarakat," katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya, mengaku sangat antusias dengan program yang digagas oleh YOI itu.

"Memupuk semangat olahraga tidak bisa dikerjakan sendiri, tapi bersama-sama dengan pemerintah," kata Bima.

Pemkot Bogor akan mendorong turnamen olahraga yang diikuti siswa. Bima mengharapkan dalam kurun waktu 10 tahun, akan ada atlet asal Bogor yang berprestasi tingkat dunia.

Pewarta: Indriani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014