Terima kasih Tuhan, ia tetap sadar dan dapat berbicara
Sao Paulo (ANTARA News) - Kesehatan legenda sepak bola Brasil Pele "membaik" Kamis tapi ia masih tetap dalam ruang rawat khusus di rumah sakit Sao Paulo, tempat ia dirawat mulai tiga hari lalu setelah mengalami infeksi saluran urin.

"Kondisi kritis Edson Arantes do Nascimento (Pele) sudah membaik tapi ia masih tetap dalam perawatan khusus," demikian pernyataan yang dikeluarkan RS Albert Einstein di Sao Paulo.

Disebutkan, mantan pesepak bola berusia 74 tahun itu, hingga saat ini dianggap sebagai pemain sepak bola terhebat sepanjang masa, sedang mendapat perawatan pada ginjalnya.

Sebelumnya, setelah dibawa ke rumah sakit, Senin, pihak rumah sakit mengatakan hasil tes medis Pele menunjukkan bahwa ia mengalami infeksi saluran kencing.

Agennya, Jose Fornos, mengatakan Pele kelelahan setelah melakukan beberapa kunjungan, dan menambahkan, "Pele mendapat perawatan dalam beberapa hari ini. Terima kasih Tuhan, ia tetap sadar dan dapat berbicara," katanya seperti dikutip AFP.

Pele menjalani operasi batu ginjal pada 13 November dan dua hari kemudian masih bercanda ketika membuka jendela rumah sakit untuk menyapa orang-orang yang menunggunya, kemudian berkata kepada wartawan, "Besok saya siap bertanding lagi."

Ia harus menunda hadir di museumnya di Santos, di kawasan pantai dekat Sao Paulo, pada 12 November, karena terlihat gejala kesehatannya menurun.

Ia juga terpaksa tidak hadir pada pertemuan anggota tim Brasil yang memenangi Piala Dunia 1970 di Meksiko, yang berkumpul untuk menandai 45 tahun terjadinya rekor gol ke-1000 Pele dalam karirnya.

Edu, yang bermain bersama Pele di Santos dan dalam tim Brasil yang memenangi Piala Dunia 1970, mengatakan dalam laman Globoesporte, "Kami semua berharap ia cepat sembuh, secepat mungkin, agar ia dapat bersama kami lagi dalam grup kami."

"Bukan hanya kami, tapi semua teman dekat dan kenalannya amat membutuhkannya. Saya kira semua orang ingin melihat ia sehat," kata Edu.

(Uu.A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014