Jakarta (ANTARA News) - Dwi Soetjipto merupakan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) masa jabatan 2014--2019 setelah diangkat di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Jumat.

Dwi Soetjipto, yang merupakan mantan Dirut PT Semen Indonesia, mengatakan  siap untuk menjalankan tugas yang dipercayakan kepadanya.
(Baca juga: Menteri BUMN tunjuk Dwi Soetjipto jadi Dirut Pertamina)

Ia memaparkan, dalam waktu jangka pendek Pertamina harus menjadi ujung tombak untuk mewujudkan visi dan misi di bidang energi, peningkatan efisiensi dan produk dari hulu, bisnis dan hilir sehingga dapat dicapai kinerja yang lebih baik.

"Mencegah dan menekan terjadinya kebocoran, review suplay chain dengan, dan mengelola dengan baik dan optimal," ujar Dwi.


Profil Dwi

Dwi Soetjipto, lahir 10 November 1955 di Surabaya, Jawa Timur adalah seorang eksekutif Indonesia.

Sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Indonesia, perusahaan induk usaha semen nasional dengan operasi pabrik terbesar di Asia Tenggara.
(Baca juga: Semen Indonesia `Center of the Champs` untuk cetak SDM unggul)

Di bawah kepemimpinannya, PT Semen Indonesia mampu menyatukan Semen Padang, Semen Gresik, dan Semen Tonasa.

Melalui kerja visionernya untuk memperluas operasi BUMN Indonesia di Asia, PT Semen Indonesia sudah membuka pabrik di negara Vietnam.
(Baca juga: Semen Indonesia tbk target akuisisi perusahaan Myanmar Juni)

Semen Indonesia menjadi BUMN pertama yang berstatus multinasional (multinational state-owned company) setelah pembelian pabrik Thang Long di Hanoi Vietnam.

Bahkan Pers dan komunitas korporasi di Hanoi, Vietnam, memberi nama bagi Dwi Soetjipto yaitu, Vu Van Qui atau Vu Vi Tho.

Sebelumnya, Dwi menjabat sebagai Direktur Utama PT Semen Gresik Persero sejak tahun 2005, kemudian pada awal tahun 2013 PT Semen Gersik Persero resmi bertranformasi menjadi PT Semen Indonesia Tbk.

Tahun 2009, Dwi Soetjipto meraih gelar Doktor Ilmu Manajemen Kekhususan Manajemen Strategis dari Universitas Indonesia (UI).

Sebelumnya menyandang gelar Magister Manajemen dari Universitas Andalas Padang, dan gelar Insinyur dari Fakultas Teknik Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Untuk prestasi kepemimpinannya sebagai eksekutif korporasi dan sumbangsih terhadap pembangunan almamaternya, ia pernah dinobatkan sebagai alumnus terbaik dari Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA-ITS).

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014