Konsep itu (regenerasi) sebenarnya sudah terbuka peluangnya. Saat rapat internal partai, ketum bilang terbuka apabila ada kader muda yang ingin maju (sebagai ketua umum partai),"
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Hanura Natalis Situmorang mengatakan Ketua Umum Hanura Wiranto mempersilakan kader muda partai maju dalam kontestasi memperebutkan kursi ketua umum periode 2015-2020 dalam Musyawarah Nasional 2015.

"Konsep itu (regenerasi) sebenarnya sudah terbuka peluangnya. Saat rapat internal partai, ketum bilang terbuka apabila ada kader muda yang ingin maju (sebagai ketua umum partai)," kata Natalis saat dihubungi di Jakarta, Jumat.

Natalis mengatakan Wiranto dalam rapat internal Partai Hanura sudah menyatakan siap maju dalam sebagai calon ketum Hanura periode 2015-2019.

Menurut dia, Wiranto membuka diri untuk orang muda maju dalam kontestasi sehingga Munas Hanura pada Februari 2015 menjadi momentum kalangan muda untuk maju.

"Ini menjadi momentum untuk (kader muda) maju untuk ikut dalam kontentasi dan mengikuti mekanisme partai," ujarnya.

Namun Natalis meragukan adanya calon muda Hanura maju dalam kontestasi tersebut karena hingga saat ini tidak ada yang muncul.

Menurut dia, kesempatan kaum muda untuk ikut kontestasi calon ketum Hanura di Munas 2015 sangat besar.

"Urgensi calon ketum dari kalangan muda itu penting, namun sepanjang ada anak muda kader Hanura yang siap," katanya.

Dia berharap setelah munculnya pernyataan dari Wiranto, muncul calon ketum Hanura dari kalangan muda. Hal itu menurut dia untuk menyelamatkan partai dan tetap berada dalam Koalisi Indonesia Hebat serta siapapun yang maju agar bisa improvisasi dalam perpolitikan nasional.

"Kami juga tidak mau ketika saat Munas ada orang luar partai men-setting agar bisa melawan (kader dari internal)," katanya.

Menurut dia, apabila ada kader muda yang muncul maka baru bisa diukur tingkat penerimaan dan penolakan dari internal partai.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014