Chicago (ANTARA News) - Polisi kulit putih yang membunuh remaja kulit hitam Michael Brown telah meletakkan jabatan dari Kantor Polisi Ferguson, kata pengacaranya kepada CNN, Sabtu waktu setempat, seperti dikutip Xinhua.

Darren Wilson, yang telah menjalani cuti sejak peristiwa pada 9 Agustus itu telah mundur, demikian konfirmasi Neil Bruntrager seraya menambahkan pengunduran diri ini segera berlaku.

Wilson (28) telah bersembunyi sejak penembakan itu, lapor Xinhua.

Ia mengakhiri kebungkaman setelah dewan juri memutuskan untuk tidak mengajukan tuntutan apa pun terhadap dia, dengan memberitahu ABC News bahwa ia telah memgambil tindakan yang benar.

Penembakan yang memicu perdebatan mengenai hubungan ras dan wewenang polisi, mengundang protes dan kerusuhan di Ferguson. Keputusan dewan juri tersebut, tiga bulan setelah peristiwa itu, memicu protes di seluruh Amerika Serikat.

Jumat malam waktu AS lalu, 15 demonstrans ditangkap karena menghalangi lalu lintas di luar Kantor Polisi Ferguson.

Keesookan harinya, pegiat hak asasi sipil memulai pawai sejauh 190 kilometer ke Jefferson City, Ibu Kota Missouri, untuk menuntut pembaruan besar di kepolisian dan mencela keputusan dewan juri.

Departemen Kehakiman AS masih melakukan penyelidikan hak sipil mengenai penembakan itu dan penyelidikan terpisah mengenai kerja Kantor Polisi Ferguson.

(C003)




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014