Milan (ANTARA News) - Gelandang serang AC Milan, Jeremy Menez, mengemas dwigol untuk mengantarkan kemenangan timnya atas Udinese dengan skor akhir 2-0 dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion San Siro, Milan, Minggu.

Dua gol tersebut dicetak Menez hanya dalam selang waktu 10 menit, masing-masing pada menit 65 lewat titik putih dan dilengkapinya pada menit 75.

Kemenangan tersebut berhasil membuat Milan naik satu peringkat ke posisi enam klasemen sementara dengan raihan 21 poin, menggusur Lazio yang sebelumnya ditahan imbang tanpa gol kala melawat ke kandang Chievo, Stadion Marc Antonio Bentegodi.

Milan sebetulnya sudah berhasil melesakkan bola ke gawang Udinese pada menit 17, melalui sundulan pemain belakang Adil Rami, namun wasit dan hakim garis menilai terlebih dahulu telah terjadi pelanggaran terhadap penjaga gawang Orestis Karezis.

Milan masih terus berusaha menekan tim tamu, namun umpan silang Daniele Bonera tidak mampu dijangkau Stephan El Shaarawy pada menit 23 sementara dua menit berselang Giacomo Bonaventura takluk dalam duel udara memperebutkan bola umpan dari Pablo Armero.

Udinese baru mengancam gawang Milan pada menit 31 melalui tendangan akrobatik dari Panagiatis Kone menyambut umpan Antonio Di Natale, sayang bola masih melambung di atas mistar gawang Diego Lopez.

Hingga waktu turun minum, kedua tim belum berhasil mengkonversi upaya serangan mereka, hingga memasuki babak kedua pada menit 54 Michael Essien memaksa Karnezis melakukan penyelamatan atas tendangan jarak jauh yang dilepaskannya.

Petaka bagi Udinese bermula pada menit 62, saat Keisuke Honda dijatuhkan oleh Maurizio Domizzi di area terlarang yang berujung pada tendangan penalti dan kartu merah bagi bek gaek berusia 34 tahun tersebut.

Keputusan wasit Paolo Valeri sempat menyulut protes yang membuat bek tengah Udinese diganjar kartu kuning akibat dianggap melakukan protes berlebih.

Ketika akhirnya tendangan penalti dieksekusi, Menez yang bertindak sebagai algojo sukses menipu Karnezis untuk menjatuhkan diri ke arah berlawanan sekaligus membawa Milan unggul 1-0.

Lubang yang ditinggalkan Domizzi segera ditambal oleh pelatih Andrea Stramaccioni dengan menurunkan Giovanni Pasquale menggantikan Di Natale, namun ternyata mereka diberi keleluasaan untuk bermain dengan jumlah pemain yang sama setelah Michael Essien menerima kartu kuning kedua akibat dianggap menyikut wajah gelandang Udinese, Allan, pada menit 71.

Namun kehilangan satu orang pemain tak membuat serangan Milan jadi kendur, empat menit berselang mereka justru menggandakan keunggulan, lagi-lagi melalui kaki Menez.

Menez menampilkan aksi menawan menggiring bola dari sisi kiri lapangan melewati dua pemain bertahan sebelum melepaskan tendangan keras yang kembali sukses menaklukkan Karnezis.

Berbagai upaya Udinese untuk setidaknya mencetak satu gol tidak juga berbuah hingga pertandingan usai dengan skor 2-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga itu sebagaimana dilansir UEFA.com.

AC Milan (4-3-3): Diego Lopez (PG); Daniele Bonera, Adil Rami, Philippe Mexes, Pablo Armero; Marco van Ginkel (Riccardo Montolivo), Michael Essien, Giacomo Bonaventura; Keisuke Honda (Andrea Poli), Jeremy Menez (Giampaolo Pazzini), Stephan El Shaarawy.
Pelatih: Filipo Inzaghi.

Udinese (4-1-2-1-2): Orestis Karnezis (PG); Ivan Piris, Thomas Heurtaux, Danilo, Maurizio Domizzi; Allan; Guilherme (Alexandre Geijo), Emmanuel Badu; Panagiotis Kone (Bruno Fernandes); Cyril Thereau, Antonio Di Natale (Giovanni Pasquale).
Pelatih: Andrea Stramaccioni.

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014