Turin, Italia (ANTARA News) - Juventus berhasil memenangi Derby della Mole atau Derby kota Turin dengan mengalahkan Torino 2-1 dalam laga lanjutan Liga Italia Serie A di Stadion Juventus Arena, Turin, Senin dini hari WIB.

Kemenangan Juventus dalam edisi ke-139 Derby della Mole di ajang Serie A tersebut diperoleh secara dramatis berkat gol Andrea Pirlo pada menit ketiga waktu tambahan babak kedua atau menit 93. Sebelumnya, Torino menyamakan kedudukan lewat Bruno Peres pada menit 22 atau tujuh menit berselang setelah Juventus mencetak gol lebih dulu melalui eksekusi penalti Arturo Vidal di menit 15.

Bukan hanya dramatis, Juventus juga memperoleh kemenangan ke-70 mereka pada Derby della Mole edisi Serie A itu dengan hanya menyisakan 10 pemain semenjak Stephan Lichsteiner diusir dari lapangan akibat menerima kartu kuning kedua pada menit 78.

Dengan demikian, secara keseluruhan di semua ajang Derby della Mole yang telah berlangsung selama 230 kali itu 96 kali dimenangi Juventus, 72 kali dimenangi Torino dan sisanya 62 kali berakhir imbang.

Hasil tersebut sekaligus memperkokoh tempat Juventus di puncak klasemen sementara Serie A dengan perolehan 34 poin, terpaut enam poin dari pesaing terdekat mereka, AS Roma, yang akan menjalani laga pekan ke-13 melawan Internazionale Milan Senin pagi WIB.

Setelah memperoleh keunggulan berkat eksekusi penalti Vidal, yang sempat diulang sekali tersebut lantaran wasit Daniele Orsato menganggap penyerang Fernando Llorente terlalu cepat memasuki kotak penalti sebelum bola ditendang Vidal, Juventus justru kecolongan gol penyama kedudukan yang dicetak Bruno Peres pada menit 22 lewat aksi individual menawan yang menggiring bola sejauh lebih dari separuh lapangan itu.

Menit 41 Juventus hampir memperoleh kembali namun egoisme Vidal membuat ia memakan sendiri kesempatan di tengah posisi rekannya, Patrice Evra, berdiri bebas tanpa kawalan dan tendangannya hanya melambung tak tentu arah.

Menyudahi paruh awal laga dengan kedudukan imbang 1-1, Torino justru menebar ancaman lebih dulu di awal babak kedua, namun sontekan Fabio Qualiarella yang gagal dijangkau penjaga gawang Marco Storari hanya menemui tiang gawang.

Enam menit berselang penjaga gawang Torino, Jean-Francois Gillet, berhasil menyelamatkan tendangan lengkung jarak jauh Leonardo Bonucci yang mengarah ke sudut gawang.

Meski di atas kertas Torino kalah kualitas, gengsi Derby della Mole membuat mereka berjibaku mengancam gawang Juventus, namun tendangan kaki kiri Bruno Peres kali ini tidak menuju sasaran dengan baik dan masih melambung di samping gawang.

Pada menit 76, bola sebetulnya sudah mengoyak gawang Torino, namun Vidal sudah berada dalam posisi offside saat menerima sodoran bola matang dari Roberto Pereyra, pemain yang baru masuk menggantikan Claudio Marchisio pada menit 64.

Dua menit berselang, Lichsteiner diusir wasit setelah melakukan pelanggaran tidak perlu terhadap Omar El Kaddouri yang membuatnya diganjar kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain membuat Torino kian menambah catatan kemenangan Derby della Mole mereka, namun sepakan Marco Benassi pada menit 82 masih berhasil dihalau Vidal sedangkan tendangan El Kaddouri pada menit 89 hanya mengarah tepat ke pelukan Storari.

Petaka bagi Torino ternyata mengintai di menit-menit akhir pertandingan, kali ini gelandang berpengalaman, Andrea Pirlo, sukses mencetak gol kemenangan dari jarak 23 meter pada menit ketiga waktu perpanjangan babak kedua atau menit 93 setelah menerima umpan dari Vidal.

Tak lama setelah gol tersebut, peluit tanda pertandingan usai terdengar, dan Juventus sukses mempertajam rekor kemenangan mereka dalam Derby della Mole.

Berikut susunan pemain kedua tim dalam laga tersebut sebagaimana dilansir UEFA.com

Juventus (4-1-2-1-2): Marco Storari (PG); Stepan Lichsteiner, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Patrice Evra; Andrea Pirlo; Claudio Marchisio, Paul Pogba; Arturo Vidal; Fernando Llorente, Carlos Tevez
Pelatih: Massimiliano Allegri

Torino (3-5-2): Jean-Francois Gillet (PG); Nikola Maksimovic, Kamil Glik, Emiliano Moretti; Giuseppe Vives, Omar El Kaddouri, Bruno Peres, Alessandro Gazzi, Matteo Darmian; Amauri, Fabio Quagliarella
Pelatih: Giampiero Ventura

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014