Sao Paulo (ANTARA News) - Pebalap veteran dari Australia, Mark Webber, mengalami kecelakaan saat melaju dalam kecepatan tinggi di Lomba Ketahanan 6 Jam Sao Paulo, Minggu.

Webber, membalap atas nama Porsche di Kejuaraan Ketahanan Dunia, setelah mundur dari lomba F1 musim lalu, terseret di Sirkuit Interlagos setelah bertabrakan dengan mobil Ferrari yang dikendarai Matteo Cressoni.

Melalui rekaman video kelihatan kedua kendaraan bersinggungan dan terlempar ke batas pengaman saat melaju dengan kecepatan rata-rata 300 km per jam dan mobil Webber mengeluarkan api sebelum berhenti dalam keadaan rusak berat.

"Cressoni mendapat perawatan di luar lintasan dan disebutkan dalam keadaan prima sedangkan Mark Webber, yang terjaga dan masih sadar, dibawa ke pusat medis sirkuit untuk menjalani perawatan selanjutnya," demikian pernyataan dari panitia penyelenggara lomba seperti dikutip AFP.

Webber (38) mengangkat jempolnya ke arah orang banyak saat ia dibawa ke pusat medis sirkuit, tetapi tidak ada keterangan lebih lanjut tentang kondisinya.

Bos tim Porsche Fritz Enzinger mengatakan, Webber dalam keadaan sadar di rumah sakit Sao Paulo.

"Mark oke-oke saja, tapi ia harus dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," kata Enzinger seperti disiarkan dalam laman www.autosport.com.

"Kami sudah berbicara dengan dia dan siapa pun boleh menjenguknya. Timo (Bernhard) dan Brendon (Hartley, rekan setim Webber) sudah melihatnya ke rumah sakit," katanya.

Perlombaan itu, yang berakhir dengan iringan mobil pengaman, dimenangi pebalap Porsche, Neel Jani.

Kecelakaan yang dialami Webber mendapat tanggapan simpati dari mantan pesaingnya di balapan Formula Satu.

"Gembira mengetahui @AussieGrit dalam kondisi prima setelah kecelakaan berat di Interlagos @FIAWEC. Ini merupakan anugerah atas keselamatannya," demikian bunyi Twitter dari juara dunia Formula Satu (F1) 2009 Jenson Button, yang menggunakan alamat Twitter Webber untuk berhubungan dengan pebalap Australia itu.

(Uu.A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014