Bogor (ANTARA News) - Tiupan angin Muson Barat menyebabkan 13 pohon koleksi dan tiga pohon non-koleksi Kebun Raya Bogor tumbang dalam dua hari terakhir.

"Sejak kemarin sudah 13 pohon yang tumbang, hari ini menyusul tiga pohon lagi," kata Doni Darusallam, staf bagian Hubungan Masyarakat Pusat Konservasi Kebun Raya Bogor, Senin.

Doni menyebutkan pohon yang tumbang ada di Jalan Kenari 1 dan Kenari 2, area makam Mbah Jepra, Guest House, jembatan Ciliwung dan pintu coklat.

"Lokasi-lokasi ini rawan pohon tumbang, karena banyak terdapat pohon yang sudah tua," kata Doni.

Pengelola Kebun Raya memutuskan menutup sementara kawasan wisata setelah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan untuk mewaspadai dampak angin Muson Barat.

"Kemarin Kebun Raya juga sudah ditutup, hari ini juga ditutup untuk umum. Kita masih melihat sampai besok, jika masih terjadi angin tetap ditutup," kata Doni.

Kepala Tiketing Kebun Raya Bogor Upun Punijar mengatakan Minggu kemarin Kebun Raya sempat dibuka untuk umum sampai pukul 13.30 WIB namun pengelola kemudian mengimbau pengunjung pulang karena angin makin kencang.

BMKG Stasiun Klimatologi Bogor memprakirakan Angin Muson Barat akan bertiup sampai Rabu mendatang dengan kecepatan rata-rata dari 15 knot hingga 30 knot.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014