Jakarta (ANTARA News) - Acara "Table Top Forum" yang merupakan forum bisnis yang mempertemukan para pemangku kepentingan pariwisata asal Jakarta yang berperan sebagai "sellers" dan para pelaku industri pariwisata dari kota-kota di Indonesia dan ASEAN yang berperan sebagai "buyers" dimulai hari ini di Hotel Millenium, Rabu.

"Kami merasa bangga telah menyelenggarakan jaringan bisnis dengan mitra baik yang dari Indonesia maupun ASEAN, tentunya kami berkepentingan untuk terus memasarkan destinasi yang didukung rekan-rekan industri pariwisata melalui produk-produk mereka yang bermutu dengan harga yang kompetitif dan pelayanan berkualitas, untuk itu nanti buyers dan media akan mendapatkan paket menjelajah Jakarta langung melalui paket 'city tour', karena 'seeing is believing'," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman saat membuka forum Table Top di Jakarta, Rabu.

Lebih lanjut Arie menyebutkan, guna memberikan dukungan lebih pada pariwisata, pemerintah Jakarta akan terus membenahi seluruh tata ruang kota seiring ditetapkannya Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 mendatang.

"Untuk itu, kami meneruskan proyek-proyek strategis kami seperti MRT, penambahan armada busway, selain itu kita akan bangun shuttle service yang menghubungkan bandara ke Jakarta yang berbasis rel, kami juga akan melanjutkan proyek monorel dengan light rapid transit," kata Arie.

Arie menambahkan, Jakarta akan menjadi kota yang lebih "liveable" dengan pembangunan ruang taman yang indah, tertib dan nyaman.

Acara yang terangkum dalam Jakarta Tourism Business Forum (JTBF) yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta itu menghadirkan 100 sellers dari Jakarta dan 197 buyers dari 30 kota di Indonesia dan enam negara ASEAN.

Dalam acara tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri menargetkan transaksi sekitar Rp15 miliar.

Di antara penyedia jasa dan barang yang mengikuti forum tersebut berlatar belakang industri di sektor perhotelan, penerbangan, wahana wisata, pusat perbelanjaan, pusat perbelanjaan, dan biro perjalanan wisata. Adapun para mitra pada umumnya adalah layanan biro perjalanan wisata terkemuka.

JTBF dibuka pada Selasa (2/12) dengan pembukaan "Welcome Reception Night", yang menampilkan pertunjukan teater bertajuk Topeng Jakarta Jaya Raya.

Pertunjukan teater itu disuguhkan oleh Teater Abang None Jakarta bersama sejumlah selebritis, pada Selasa malam di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki. Usai acara "Table Forum", para peserta kegiatan akan bersama-sama menyaksikan matahari terbenam di Teluk Jakarta, dari atas kapal Quicksilver. Kegiatan ini akan langsung dilanjutkan dengan Gathering Party Night. Jakarta City Tour akan menutup rangkaian acara JTBF, pada Jumat (5/12).

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014