Saat ini mereka sedang dalam tahap pengenalan dengan tim Persebaya dan harus cepat beradaptasi sebagai pemain profesional,"
Surabaya (ANTARA News) - Tujuh mantan pemain Tim Nasional U-19 beralih status menjadi pemain profesional setelah bergabung dengan klub Persebaya Surabaya pada kompetisi Indonesia Super League 2015.

Asisten pelatih Persebaya Tony Ho kepada wartawan di Surabaya, Rabu, mengatakan ketujuh pemain Timnas Garuda Jaya yang gabung tersebut adalah Evan Dimas Darmono, Putu Gede, Fatchu Rochman, Sahrul Kurniawan, Ilham Udin Armaiyn, Hargianto, dan Zulfiandi.

"Saat ini mereka sedang dalam tahap pengenalan dengan tim Persebaya dan harus cepat beradaptasi sebagai pemain profesional," katanya.

Ketujuh pemain tersebut turut mengantar Timnas U-19 menjuarai turnamen Piala AFF tahun 2013 di Sidoarjo dan berlaga di putaran final Piala AFC U-19 tahun 2014.

Menurut Tony, bergabungnya para pemain tersebut memberikan kekuatan baru bagi tim "Bajul Ijo", yang pada kompetisi ISL musim depan melakukan perombakan besar-besaran, baik pelatih maupun pemain.

"Saya optimistis mereka bisa cepat beradaptasi dengan tim sebesar Persebaya, termasuk dengan pemain-pemain senior. Apalagi, mereka juga punya talenta yang cukup bagus," tambah Tony.

Salah seorang mantan pemain Timnas U-19 Hargianto mengaku bangga bisa bergabung dengan Persebaya dan berharap bisa memberikan prestasi terbaik bagi tim kebanggaan warga Kota Surabaya itu.

"Sudah pasti saya bangga bisa bermain di Persebaya. Saya akan berusaha semaksimal mungkin menjadi pemain profesional," katanya.

Secara terpisah, Media Officer Persebaya Eko Yudiono mengatakan proses perekrutan pemain untuk kompetisi ISL 2015 masih terus dilakukan, selain manajemen juga sedang berburu pelatih berkualitas.

"Untuk kompetisi musim depan, Persebaya memiliki komposisi pemain berbeda. Beberapa pemain yang musim lalu punya kontribusi bagus akan tetap dipertahankan dan mencari pemain baru yang punya karakter khas sepak bola Surabaya, yakni ngeyel (ngotot)," katanya.

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014