Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berharap Komite Olimpiade Indonesia (KOI) segera menetapkan cabang olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games (AG) 2018 di Indonesia karena akan dimasukkan dalam Keputusan Presiden (Keppres).

Deputi V Bidang Kemitraan Kemenpora Gatot S Dewa Broto di Jakarta, Rabu, mengatakan sesuai dengan rencana Keppres tentang Asian Games 2018 akan ditandatangangi Presiden Joko Widodo akhir Desember.

"Minggu ini kita akan melakukan pertemuan dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani untuk membahas hal ini (keppres)," katanya di sela seminar "Evaluasi Prima dan Standarisasi Prestasi Sebagai Pondasi Sukses Asian Games 2018 di Jakarta.

Indonesia ditunjuk oleh federasi olahraga Asia atau OCA setelah Vietnam yang memenangkan bidding tuan rumah Asian Games mengundurkan diri. Dalam waktu tiga tahun, Indonesia dituntut bergerak cepat untuk mempersiapkan diri.

Selain menetapkan cabang olahraga yang akan dipertandingan, kata dia, pihaknya juga akan memantau langsung kesiapan kota yang ditunjuk menjadi tuan rumah yaitu Jakarta, Palembang dan Jawa Barat.

"Hingga saat ini belum ada laporan dari masing-masing pemda terkait dengan persiapan untuk menjadi tuan rumah. Makanya kami akan terus melakukan koordinasi," katanya menambahkan.

Gatot menambahkan salah satu laporan yang ditunggu-tunggu adalah terkait dengan pemetaan infrastruktur yang nantinya akan digunakan untuk lokasi pertandingan maupun lokasi pendukung lainnya.

Sementara itu, Ketua KOI Rita Subowo menjelasakan saat ini pihaknya terus berupaya untuk menentukan cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Asian Games 2018 di luar dari 28 cabang olimpiade. Penentuan sendiri menggunakan formula yang telah ditetapkan.

"Selain cabang olimpiade ada delapan cabang nonolimpiade yang lima di antaranya dari region Asia. Untuk Asia diputuskan wushu, sedangkan untuk Asia Tenggara diputuskan sepak takraw. Saat ini tinggal memutuskan usulan dari Indonesia sebagai tuan rumah," katanya.

Untuk cabang olahraga usulan Indonesia, kata dia, saat ini masih digodok yang salah satunya adalah pencak silat. Slot ini akan menggunakan hak yang dimiliki oleh OCA. Selain itu ada slot lagi yang akan ditentukan berdasarkan rangking.

Selain pencak silat, ada tujuh cabang olahraga lainnya yang diperjuangkan untuk dipertandingkan pada Asian Games 2018 adalah penjat tebing, bowling, sepatu roda, bridge dan traditional boat race.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014