Jakarta (ANTARA News) - Mantan pemain nasional, Bambang Pamungkas kembali perkuat tim Macan Kemayoran, Persija Jakarta pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2015 setelah sebelumnya memperkuat tim Pelita Bandung Raya.

Kembalinya pria yang akrab dipanggil Bepe itu ke tim asal Ibu Kota ditandai dengan penandatangan kontrak selama tiga tahun ke depan di Kantor Persija yang berada di kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

"Bepe tidak bisa lepas dari identitas Persija. Kami punya rencana jangka panjang untuk dia. Yang jelas kami kontrak selama tiga tahun ke depan," kata Presiden klub Persija Jakarta, Ferry Paulus.

Menurut dia, selain akan menjadi pemain selama mengarungi kompetisi tertinggi di Tanah Air musim ini, Bepe juga akan diproyeksikan menjadi asisten pelatih bagi klub asal Jakarta itu. Untuk posisi pelatih dipercayakan kepada Rahmad Darmawan.

Kembalinya mantan bomber timnas ke Persija bisa dikatakan kontroversi karena Bepe sebelumnya hengkang dari tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu karena bermasalah dengan gaji. Saat itu ia tidak sendiri. Ada nama Leo Saputra, M. Ilham, Ramdani Lestaluhu dan Andritany Ardiyasa yang mengikutinya.

Setelah satu musim istirahat total dari kancah persepakbolaan nasional, Bepe akhirnya memutuskan kembali turun ke lapangan. Pemain jebolan Diklat Salatiga itu akhirnya berlabuh ke Pelita Bandung Raya. Meski lama absen, ketajaman permainannya masih bagus. Terbukti mampu menyumbangkan 10 gol bagi timnya.

Bepe yang masih mampu bersinar bersama Pelita Bandung Raya, membuat manajemen Persija bergerak cepat untuk menariknya, dan disambut oleh Bepe. Akhirnya mantan pemain Selangor FA itu kembali bergabung dengan Persija dalam durasi tiga tahun.

"Hubungan kami dangan Bepe baik. Memang hubungan kerja sempat putus. Yang jelas, kerjasama dengan Bepe efektif berlaku mulai 7 Desember," kata mantan anggota Komite Eksekutif PSSI pada era kepemimpinan Nurdin Halid itu.

Sebelum Bepe, Persija terlebih dahulu mengikat beberapa pemain seperti M. Ilham, Saiful Indra Cahya, Rendi Irawan, Vava Mario Zagalo hingga Alfin Tuasalamony. Pemain yang direkrut ini merupakan hasil bidikan bersama dengan pelatih.

Meski telah mempunyai pelatih baru yang berpengalaman, beberapa pemain Persija justru hengkang ke klub lain di antaranya Ngurah Nanak ke Sriwijaya FC, Syahrizal ke Barito Putra serta Fabiano Beltrame yang diisukan akan memperkuat Arema Indonesia.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014