London (ANTARA News) - Formula Satu (F1) akan membuat persyaratan usia minimal 18 tahun bagi pebalap mulai 2016, demikian diungkapkan badan otomotif internasional itu, Rabu, sehingga remaja dari Belanda Max Verstappen tidak dapat ikut bila aturan itu diberlakukan pada 2015.

Verstappen dikontrak tim Toro Rosso ketika ia berusia 16 tahun dan berusia 17 tahun pada September lalu. Ia merupakan pebalap termuda di ajang laga F1 ketika ia melakukan debut di Australia, Maret 2015.

Rekan setimnya dari Spanyol, Carlos Sainz Jr, putra juara dunia reli mobil Carlos Sainz, berusia 20 tahun dan mereka merupakan duet pebalap paling muda di perlombaan itu.

Federasi Otomotif Internasional menurut laporan Reuters, mengatakan setelah mengadakan pertemuan Dewan Motor Sport Dunia di Doha, bahwa aturan baru itu mengacu pada pemberian mandat super lisensi.

Ini menyangkut keabsahan kepemilikan lisensi mengemudi regular, sesuatu yang harus dimiliki Verstappen tapi ia masih terlalu muda untuk mengantonginya. Ia harus berusia 18 tahun dan dapat menjelaskan tentang regulasi olahraga bermotor.

Pebalap F1 juga harus minimal berkecimpung selama dua tahun dalam ajang lomba Formula yang lebih kecil, merupakan klausal yang akan membatasi juara dunia 2007 dari Finlandia, Kimi Raikkonen, yang melakukan debut bersama Sauber pada 2001.

(Uu.A008) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014