Sao Paulo (ANTARA News) - Kondisi kesehatan legenda sepak bola dunia Pele terus membaik setelah menjalani operasi ginjal. Pemain yang membawa Brasil menjadi juara dunia sepak bola tiga kali itu sudah dapat berjalan.

Pele sudah dapat berjalan setelah selama sembilan hari dirawat di rumah sakit, sebagaimana dikutip dari situs SkySports. Ia menjalani perawatan semi-intensif di Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo.

Pele yang kini berusia 74 tahun, sempat didiagnosa mengalami infeksi kantong urine pada 24 November lalu. Ia kemudian menjalani operasi untuk mengeluarkan batu yang bersarang di ginjalnya. Ia kini hanya memiliki satu ginjal.

Pernyataan mengenai kondisi Pele ditandatangani oleh dokter Fabio Nasri dan Marceloa Batista, serta direktur rumah sakit dr Oscar Pavao.

Dalam pernyataan itu tertulis bahwa, "Kondisi pasien bernama Edson Arantes do Nascimento (Pele) terus mengalami kemajuan setelah menjalani perawatan semi-intensif. Hasil laboratorium dan tes medis pada pagi ini menunjukkan bahwa pasien tidak lagi perlu menjalani operasi lagi."

"Evaluasi mengenai kondisi ginjal akan dilakukan pada besok pagi (Kamis waktu setempat). Ia telah dapat berjalan di ruangan dan duduk di bangku ruang perawatan. Ia juga telah dapat makan dengan baik, tanpa dibantu lagi dengan alat pernapasan."

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014