Jabatan rektor merupakan amanah dan tanggung jawab yang tidak ringan
Depok (ANTARA News) - Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met resmi menjadi Rektor baru Universitas Indonesia (UI) periode 2014--2019 setelah dilantik berdasarkan Keputusan Majelis Wali Amanat UI Nomor 020/SK/MWA-UI/2014 tentang Pengangkatan dan Penugasan Rektor UI.

"UI sebagai institusi pendidikan memiliki reputasi dan budaya prestasi yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia," kata Anis usai dilantik menjadi Rektor UI di Balai Sidang UI Depok, Kamis.

Acara Pelantikan Rektor UI dilaksanakan bersamaan Serah Terima Jabatan dari Pejabat Rektor UI Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A.

Ia mengatakan tantangan global dan lonjakan penduduk dunia termasuk Indonesia berdampak pada permasalahan yang kompleks terhadap keberlanjutan kehidupan manusia di muka bumi, maka ke depannya UI harus mampu memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut baik permasalahan di tingkat nasional maupun di tingkat global.

"Jabatan rektor merupakan amanah dan tanggung jawab yang tidak ringan," katanya.

Menurut dia dengan visi mewujudkan UI sebagai universitas yang otonom sebagai penghasil ilmu pengetahuan untuk solusi masalah nasional dan global dan berharap dapat menyumbangkan yang terbaik bagi UI.

"Saya mengajak seluruh sivitas akademika untuk bersama-sama membangun UI, karena UI adalah milik kita bersama," katanya.

Prof. Anis lahir di Jakarta, 26 Juni 1957. Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Metalurgi FTUI pada tahun 1977. Tahun 1986, ia melanjutkan studinya ke University of Sheffield di UK, mengambil Master Metalurgi. Ia lulus pada 1988 dengan predikat distinction dan langsung melanjutkan ke jenjang doktoral di universitas yang sama.

Ia merupakan alumni pertama Jurusan Metalurgi FTUI yang menjadi doktor.

Prof. Anis telah lama berkarier di UI di antaranya sebagai Senat Akademik UI (2000--2003), (2003--Juli 2006), (2003--2007); Direktur Pendidikan UI (2003--2007) serta Wakil Rektor UI bidang akademik dan kemahasiswaan (2007--2012). Pada Mei 2013 hingga September 2014 Prof. Anis mendapatkan amanah sebagai Pejabat Rektor UI.



Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014