Jakarta (ANTARA News) - Aktivis perempuan Giwo Rubiyanto Wiyogo menjadi kandidat kuat sebagai ketua umum dalam Kongres XXIV Kongres Wanita Indonesia (Kowani) di Jakarta, 3-5 Desember 2014.

"Ibu Giwo memiliki figur yang komunikatif, jaringannya luas dan mempunyai visi yang jelas untuk membangun Kowani ke depan," ujar Ketua Pimpinan Pusat Aisyiyah, Prof Hj Masyitoh Chusnan, di Jakarta, Kamis.

Giwo Rubiyanto mempunyai visi yakni mewujudkan Kowani sebagai wadah pemersatu kemajuan perjuangan perempuan Indonesia yang bersatu, kreatif, profesional, berdaya saing, mandiri dan bermartabat.

Oleh karena itu, Masyitoh menilai Giwo sosok yang tepat untuk menakhodai Kowani periode 2014-2019.

Apalagi, lanjut dia, Giwo mempunyai kemampuan mumpuni memimpin organisasi karena berpengalaman dalam organisasi perempuan dan anak, serta pernah menjadi Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) periode 2004-2007.

Wakil Ketua Dewan Pembina Pusat (DPP) Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI), Evi Kawet, mengatakan sangat mendukung Giwo Rubiyanto.

Ketua Umum Wirawati Catur Panca, Irna HN Hadisoewito, mengatakan organisasinya yakin memilih Giwo Rubiyanto sebagai Ketua Umum Kowani.

"Giwo orangnya cerdas, jujur, amanah, dan tidak memikirkan diri sendiri, peduli dengan organisasi dan anggota organisasi. Oleh karenanya, sangat tepat memimpin Kowani hingga lima tahun mendatang," jelas Irna.

Sebanyak tiga perempuan yakni Charletty Choesyana Taulu, Dewi Motik Pramono dan Giwo Rubiyanto Wiyogo akan bertarung memperebutkan posisi Ketua Umum Kowani dalam Kongres XXIV di Jakarta, 3 - 5 Desember 2014 yang diikuti 86 organisasi perempuan tingkat nasional yang menjadi anggota Kowani.

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014