Frankfurt (ANTARA News) - Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah dan mengumumkan akan meninjau kembali dampak dari kebijakan stimulusnya.

Pada pertemuan kebijakan terakhir tahun ini, ECB mempertahankan tingkat suku bunga utama "refinancing" stabil di 0,05 persen, dan dua suku bunga lainnya - suku bunga pinjaman dan deposito -- masing-masing di 0,30 persen dan minus 0,20 persen, lapor Xinhua.

Sebagai bagian dari langkah-langkah kebijakan moneter non-standar, ECB telah mulai membeli obligasi tertutup dan efek beragun aset.

"Secara bersama-sama, tindakan kami akan membawa dampak yang besar pada neraca kami, yang dimaksudkan untuk bergerak menuju dimensi itu pada awal 2012," kata Presiden ECB Mario Draghi dalam konferensi pers setelah pertemuan dewan gubernur.

"Dalam konteks ini, awal tahun depan dewan gubernur akan menilai kembali pencapaian stimulus moneteri, perluasan neraca dan prospek perkembangan harga," tambah dia.

Draghi mengatakan bahwa dewan gubernur tetap sepakat dalam komitmennya untuk menggunakan instrumen konvensional tambahan dalam mandatnya.

Inflasi di kawasan euro terus bertahan tingkat yang rendah pada November. Menurut perkiraan kilat Eurostat itu, inflasi Indeks Harga Konsumen Diharmonisasi tahunan kawasan euro 0,3 persen pada November 2014, setelah 0,4 persen pada Oktober.

Ini terutama mencerminkan penurunan kuat dalam inflasi harga energi dan peningkatan tahunan yang lebih rendah pada harga jasa-jasa, Draghi menjelaskan.

Staf Eurosystem meramalkan PDB riil tahunan meningkat sebesar 0,8 persen pada 2014, 1,0 persen pada 2015 dan 1,5 persen pada 2016.

Menanggapi pertanyaan tentang pelonggaran kuantitatif (QE), Draghi mengatakan pengalaman di Amerika Serikat dan Inggris telah menunjukkan itu efektif. Dia berhenti memberikan informasi lebih lanjut mengenai apakah atau kapan ECB akan membawa keluar program QE-nya.

Indeks acuan di Bursa Efek Frankfurt menyentuh rekor tertinggi 10,083.74 sebelum dengan cepat jatuh kembali pada Kamis.  (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014