Batam (ANTARA News) - Siklon tropis Hagupit yang terjadi di Samudera Pasifik sebelah utara Papua menyebabkan cuaca di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) berawan dan berpeluang hujan ringan pada Jumat, demikian prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam.

Prakirawan BMKG Hang Nadim Batam, Kepri, Agita Devi Prastiwi, mengatakan siklon tropis Hagupit memberikan dampak belokan angin di wilayah Kepri sehingga terjadi perlambatan kecepatan angin yang berpotensi terjadinya pengumpulan massa udara dan membentuk awan-awan.

"Massa udara yang melewati wilayah Kepri juga membawa uap air sehingga berpotensi dalam pertumbuhan awan," kata dia.

Kondisi cuaca seperti itu, menurut Agita, relatif kondusif untuk aktivitas darat dan udara, sedangkan untuk transportasi laut diimbau agar berhati-hati dengan kemungkinan arus kencang dan gelombang tinggi di Natuna.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Jumat pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 63 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Jumat pagi hingga siang berawan hujan ringan dan malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 25 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Karimun pada Jumat pagi berawan hujan ringan, siang berawan dan malam kembali berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 34 kilometer per jam arah utara.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Lingga Jumat pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilometer per jam arah barat laut.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 30 derajat Celcius dengan kelembaban 80 sampai 98 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Kabupaten Natuna pada Jumat pagi berawan, siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 34 kilometer per jam arah timur laut.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 75 sampai 98 persen. Dan gelombang laut diperkirakan satu sampai 2,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Jumat pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 km per jam arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 52 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,5 sampai dua meter.

(Y011)



Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014