Saya mengundang kita semua untuk memainkan peran aktif dalam mendorong masalah tanah selama 2015...
Roma (ANTARA News) - Direktur jenderal Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) pada Jumat (4/12) menyeru rakyat agar memainkan peran aktif dalam mendorong masalah tanah selama 2015.

Jose Graziano da Silva mengeluarkan seruan tersebut pada malam peluncuran resmi International Year of Soils organisasi tersebut.

International Year of Soils (Tahun Tanah Internasional) 2015 diluncurkan pada 5 Deseber, dengan acara yang dirancang diselenggarakan di Roma, New York, Bangkok dan Santiago di Chile, kata FAO di dalam satu siaran pers.

Tanah yang sehat penting bagi produksi pangan global, tapi anggota FAO tidak memberi cukup perhatian pada "sekutu diam" yang penting itu, kata siaran pers tersebut, yang mengutip Jose Graziano da Silva, sebagaimana diberitakan Xinhua, Jumat.

Secara global, 33 persen sumber tanah mengalami kemesorotan dan tekanan manusia atas tanah mencapai batas kritis, mengurangi dan kadangkala menghapuskan fungsi dasar tanah, kata Jose Graziano da Silva.

"Saya mengundang kita semua untuk memainkan peran aktif dalam mendorong masalah tanah selama 2015, sebab itu adalah tahun penting untuk melicinkan jalan ke arah pengembangan dasar yang nyata buat semua dan oleh semua," ia menambahkan.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014