Kejuaraan ini kami gelar untuk memperkenalkan Muaythai dari sisi hiburan dan boleh ditonton oleh orang dari segala usia."
Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 26 petarung dari empat negara akan unjuk kemampuan pada kejuaraan yang dipromotori oleh Dennis ODea asal Australia yaitu "Naksoo Muaythai Fight" di Pertamina Sports Hall Simprug, Jakarta, Sabtu (6/12).

Petarung tersebut selain dari Indonesia, berasal dari Spanyol, Malaysia dan Australia. Dengan turunnya petarung asing, diharapkan mampu menjadi tolak ukur perkembangan muaythai di Indonesia, kata Ketua Muaythai Indonesia, Francois Mohede di Jakarta, Jumat.

"Kejuaraan ini kami gelar untuk memperkenalkan muaythai dari sisi hiburan dan boleh ditonton oleh orang dari segala usia. Diharapkan dalam pertandingan nanti bisa berjalan lancar dan menyedot penonton banyak," katanya.

Dengan adanya kejuaran internasional ini, Francois mengharapkan bisa diikuti oleh pemilik gym yang ada di Indonesia. Semakin banyak kejuaraan diharapkan bisa memunculkan petarung-petarung baru asal Indonesia dan diharapkan mampu bersaing dikancah internasional.

"Semakin banyak kejuaraan maka muaythai akan dikenal oleh masyarakat sehingga mampu menggerakkan roda industri olahraga profesional di Indonesia," katanya menambahkan.

Khusus petarung asal Indonesia ternyata tidak didominasi petarung Jakarta saja melainkan juga diikuti petarung potensial dari Surabaya, Semarang, Tangerang maupun Yogjakarta. Kejuaraan ini akan memainkan "Four Men Tournament.

Sementara itu promotor kejuaraan Dennis ODea mengatakan, salah satu tujuan digelarkan kejuaraan ini adalah untuk lebih mengenalkan petarung muaythai potensial asal Indonesia. Selain itu, juga untuk menjadi tolok ukur kemampuan petarung lokal dengan petarung dari luar negeri.

"Tujuan saya melalui turnamen ini sebenarnya cukup sederhana, agar dunia melihat bahwa banyak petarung muaythai yang berpotensi asal Indonesia," kata promotor berkewarganegaraan Australia yang blasteran Manado-Jawa ini.

Dennis berharap melalui kejuaraan "Naksoo Muaythai Fight" menarik minat dan kepedulian masyarakat terhadapi olahraga beladiri asli Thailand itu. Apalagi cabang olahraga ini juga sudah dipertandingan pada kejuaraan besar seperti SEA Games.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014