... meraih reputasi sebagai pakar senjata berteknologi tinggi dan anggaran militer, menyebut dirinya sebagai seorang pembaharu yang ingin membuat birokrasi Pentagon yang luas itu lebih efisien...
Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Jumat waktu setempat, akan mengangkat Wakil Kepala Pentagon, Ashton Carter, menjadi menteri pertahanan barunya, kata pejabat Gedung Putih.

Jika dikukuhkan, Carter (60) akan menggantikan Chuck Hagel, yang mengumumkan undur dirinya pada bulan lalu. Carter menjadi wakil menteri pertahanan di bawah Leon Panetta sejak Oktober 2011 hingga Desember 2013.

Obama juga akan mengumumkan Jumat malam waktu setempat (Sabtu waktu Indonesia) didampingi Carter dan Hagel, kata seorang pejabat Gedung Putih yang tidak bersedia namanya disebutkan.

Carter meraih reputasi sebagai pakar senjata berteknologi tinggi dan anggaran militer, menyebut dirinya sebagai seorang pembaharu yang ingin membuat birokrasi Pentagon yang luas itu lebih efisien.

Tetapi ia kurang pengalaman mengawasi strategi Jepang dan tidak pernah mengenakan seragam militer, tidak seperti halnya dengan Hagel, yang cedera dalam Perang Vietnam.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014