Kota Zamboanga. Filipina (ANTARA News) - Pasukan pemerintah, Sabtu pagi, melancarkan serangan pada kelompok Abu Sayyaf di hutan Provinsi Filipina selatan, Sulu, menewaskan lima militan dan melukai tujuh lainnya, kata seorang perwira militer.

Alan Arrojado, komandan Gabungan Kelompok Tugas Sulu (JTGS), mengatakan pasukan keamanan pemerintah melancarkan serangan sekitar pukul 07.00 waktu setempat di desa yang jauh dari kota Talipao.

Dia mengatakan, pasukan menembaki gerilyawan yang dipimpin oleh sub-pemimpin Abu Sayyaf Hatib Hajan Sawadjaan saat mereka bergabung kembali dan bersiap untuk bergerak keluar guna menghindari pasukan pengejar.

"Serangan itu mengakibatkan lima anggota Abu Sayyaf tewas dalam aksi dan tujuh lainnya luka-luka," kata Arrojado, seperti dikuti Xinhua.

Berkekuatan 400 personel Abu Sayyaf Group (ASG), didirikan pada awal 1990-an oleh para ekstremis, merupakan kelompok teroris yang beroperasi di Filipina selatan.

ASG terkenal karena serangkaian penculikan, pemboman dan pemenggalan bahkan juga di Filipina selatan selama beberapa dekade terakhir.

(Uu.H-AK)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014