... akan menggunakan pola ajaran lama, diharapkan murid mudah mengerti materi yang diberikan pengajar...
Cirebon, Jawa Barat (ANTARA News) - Sejumlah sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK di Kota Cirebon Jawa Barat mulai meninggalkan Kurikulum 2013 yang diwajibkan sebelumnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurlatifah guru SD di Kota Cirebon, Sabtu, mengatakan, mulai Senin (7/12), Kurikulum 2013 akan ditinggalkan, sekolah akan menggunakan metoda pengajaran sebelumnya, karena cukup menyulitkan bagi pengajar maupn siswanya.

"Selama kurang dari enam bulan menerapkan Kurikulum 2013, siswa tidak terarah karena mereka belum biasa dengan metode tersebut. Kini pihak sekolah akan menggunakan pola ajaran lama, diharapkan murid mudah mengerti materi yang diberikan pengajar," katanya.

Menurut dia, butuh waktu untuk merubah pola didik anak, dengan Kurikulum 2013 yang sudah diterapkan siswa kaget, diharapkan dalam menghadapi Ujian Nasional yang akan segera dilaksanakan tidak menghambat, karena pola lama mulai dipakai.

Sekolah di Kota Cirebon mulai menerapkan Kurikulum 2013 pada Juli 2014, tambahnya berbagai kendala cukup dirasakan para guru karena mereka belum memahami kurikulum tersebut.

Perlahan guru memberikan kurikulum 2013, kini harus kembali menerapkan pola ajaran lama, kasihan para siswa menjadi bahan percobaan, khawatir tahun depan berubah lagi.

Sucahyono wali murid di Kota Cirebon menuturkan, perubahan pola ajaran yang diubah oleh pemerintah akan menyulitkan pengajar dan siswa, kini mereka harus kembali menerapkan cara belajar sebelumnya, hal itu akan menjadi beban kepada siswa, sebaiknya diperhitungkan, jangan anak didik yang dijadikan proyek percobaan.

Pewarta: Enjang Solihin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014