Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan komisinya akan mengunjungi tiga provinsi pada 7-12 Desember 2014.

Ketiga provinsi itu adalah Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Sumatera Utara, sedangkan rombongan komisi akan dibagi dalam tiga kelompok.

"Pemilihan ketiga provinsi itu berkenaan dengan isu aktual terkait komisi VIII. Di Maluku Utara, rombongan komisi VIII khususnya akan meneliti kasus tunggakan pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) guru-guru agama. Selain itu, juga akan melihat penanganan bencana gempa yang baru-baru ini terjadi di sana. Begitu juga, melihat perkembangan IAIN di bawah Kemenag," kata Saleh di Jakarta, Sabtu.

Untuk ke NTB, Komisi VIII akan fokus pada human trafficking yang marak terjadi di sana. "Selain itu, juga akan dilihat dampak sosial terkait kenaikan BBM. Sekaligus melihat efektivitas KPS dalam menanggulangi dampak kenaikan BBM," kata Saleh..

Sedangkan kunjungan ke Sumatera Utara difokuskan untuk melihat penanganan korban bencana Sinabung, serta melihat perkembangan perubahan IAIN menjadi UIN Sumut.

"Rombongan juga akan mengunjungi kelompok-kelompok masyarakat miskin yang perlu mendapatkan bantuan kompensasi BBM," kata dia.








Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014