Kita memastikan kesiapan anggota kepolisian dalam penegakan hukum di pulau terdepan NKRI,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Sutarman "blusukan" ke Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), yang merupakan daerah perbatasan RI dengan tiga negara, yakni Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

"Kita memastikan kesiapan anggota kepolisian dalam penegakan hukum di pulau terdepan NKRI," kata Sutarman  di Jakarta Sabtu.

Sutarman mengunjungi pulau terdepan itu didampingi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kepri Brigadir Jenderal Polisi Arman Depari.

Sutarman juga memeriksa kesiapan personel, sarana, dan prasarana, serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pengamanan pulau terdepan dan penegakan hukum di wilayah laut.

Mantan ajudan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gusdur itu menyatakan bahwa Natuna harus mendapatkan pengamanan maksimal karena terdiri atas sejumlah pulau dengan potensi kekayaan alam yang melimpah.

Pengamanan maksimal, menurut Sutarman, harus dijamin dengan kelengkapan personel, termasuk peralatan senjata dan armada kapal patroli agar kepolisian mampu menjaga wilayah perbatasan.

Kapolri melakukan rangkaian kunjungan guna mengevaluasi dan memeriksa personel pada beberapa wilayah perbatasan, termasuk Kepulauan Natuna.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014