Brussels (ANTARA News) - Ratu Belgia Fabiola, janda Raja Baudouin dan permaisuri antara tahun 1960 dan 1993, meninggal Jumat pada usia 86 tahun, kata istana kerajaan.

"Yang Mulia Raja dan Ratu serta para anggota keluarga kerajaan mengumumkan dengan sangat sedih atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Fabiola di Brussels malam ini," kata pernyataan dari istana.

Mantan Ratu Belgia, Fabiola meninggal dunia pada usia 86 tahun. Janda dari Raja Baudouin yang menjadi ratu sejak 1960 hingga 1993 meninggal, Jumat (5/12) waktu setempat.

Laman resmi kerajaan menuliskan Fabiola lahir dalam aristokrasi Spanyol dengan nama Dona Fabiola Fernanda Maria de las Voctorias Antonia Adelaida de Mora y Aragon. Dia menikah dengan Baudouin pada tahun 1960. Pasangan ini tidak dikaruniai anak.

Setelah kematian Baudouin pada 1993, tahtanya diberikan pada sang adik yaitu Raja Albert II. Fabiola pernah bekerja di satu rumah sakit di Madrid sebagai perawat.

Ia menguasai enam bahasa yakni bahasa Spanyol, Prancis, Belanda, Inggris, Jerman dan Italia. Fabiola juga menulis buku anak-anak yang terdiri dari 12 cerita dongeng. Buku ini diterbitkan pada tahun 1955 di Spanyol. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014