London (ANTARA News) - Start tidak terkalahkan Chelsea musim ini berakhir dramatis dengan kekalahan 1-2 di markas Newcastle United pada Sabtu, ketika Papiss Cisse mencetak dua gol untuk mengejutkan sang pemuncak klasemen Liga Utama Inggris di St James Park.

Juara bertahan Manchester City mengambil keuntungan penuh dari kekalahan mengejutkan yang dialami Chelsea untuk memangkas jarak di puncak klasemen menjadi tiga angka, ketika penalti Yaya Toure membuat mereka menang 1-0 atas Everton.

Harapan-harapan Arsenal untuk mendulang kemenangan ketiga secara beruntun sirna dengan kekalahan 2-3 di markas Stoke City, ketika mereka tertinggal 0-3 saat turun minum. Liverpool ditahan imbang 0-0 oleh tamunya Sunderland, satu dari tiga pertandingan yang berakhir imbang tanpa gol pada Sabtu.

Tidak terkalahkan dalam 23 pertandingan di semua kompetisi sejak semifinal Liga Champions melawan Atletico Madrid pada April silam, Chelsea terbukti jauh dari tidak tersentuh ketika sepuluh pemain Newcastle United mampu selamat dari ancaman-ancaman pada fase akhir pertandingan untuk mencegah tim London itu mencetak rekor tidak terkalahkan bagi klub.

Hanya sedikit orang yang dapat membantah bahwa Newcastle layak mendapatkan kemenangan yang mendongkrak mereka ke peringkat ketujuh di klasemen, meski pelatih tim tamu Jose Mourinho mengatakan timnya tidak beruntung.

Tuan rumah kehilangan kiper Rob Elliot yang cedera saat turun minum, menggantikannya dengan kiper debutan Jak Alnwick, dan membarikade sang kiper dengan sepuluh pemain ketika Steven Taylor diusir keluar lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua sembilan menit sebelum pertandingan usai.

Pemain pengganti Cisse, yang menggantikan Remy Cabella setelah turun minum, membawa Newcastle unggul pada menit ke-57 menyusul kesalahan yang dilakukan Gary Cahill dan kembali mencetak gol 21 menit berselang, beberapa saat setelah upaya Eden Hazard untuk menyamakan kedudukan digagalkan tiang gawang.

Tandukan Didier Drogba mampu memangkas ketinggalan Chelsea, namun Newcastle mampu bertahan selama enam menit masa perpanjangan waktu dan start 14 pertandingan tidak terkalahkan Chelsea di musim liga, yang berbanding dengan Arsenal "yang tidak tersentuh" pada 2003/2004, telah berakhir.

"Kami tidak beruntung," kata Mourinho yang mengkritik para penggemar Newcastle dan para pemungut bola karena dianggapnya membuang-buang waktu dengan tidak segera mengembalikan bola, saat bola keluar lapangan.

"Tim terbaik kalah, tim yang berusaha untuk menang kalah, namun itulah sepak bola," ucapnya pada konferensi pers.

"Apa yang penting adalah kekalahan seperti ini mudah untuk diterima. Saya tidak suka kalah ketika wasitnya tidak bagus... Yang tidak terjadi pada hari ini."

Tiga angka

Chelsea sekarang memiliki 36 angka dari 16 pertandingan, di mana Manchester City telah mengumpulkan 33 angka. Southampton mengoleksi 26 angka dan mereka akan memainkan pertandingan melawan tim peringkat keempat Manchester United (25) pada Minggu.

West Ham United (24) dapat naik dari peringkat kelima ke peringkat ketiga jika mereka mengalahkn Swansea City di Upton Park pada Minggu.

Manchester City kehilangan pemain yang telah mencetak 14 gol Sergio Aguero karena cedera lutut kiri saat pertandingan di Stadion Etihad baru berlangsung lima menit, namun mereka masih terlalu kuat bagi Everton yang baru berupaya mengancam pada fase akhir pertandingan.

Gol kemenangan tercipta saat Phil Jagielka melanggar James Milner pada menit ke-24, yang terlihat ilegal oleh wasit meski gelandang City itu tidak mengajukan protes.

Toure dengan tenang mengeksekusi penalti yang gagal dihentikan kipe Tim Howard, dan hal itu sudah cukup untuk mengamankan tiga angka untuk tuan rumah, yang akan menghadapi pertandingan penting di Liga Champions melawan AS Roma pada tengah pekan.

"Akan menjadi sangat mudah untuk terpeleset setelah melihat hasil (Chelsea) dan bukan pekerjaan Anda," kata Milner.

"Kami bermain lebih baik pada fase akhir pertandingan, namun kami memerlukan kemenangan pada pertandingan-pertandingan seperti ini jika kami ingin memenangi gelar."

Arsenal tertinggal melalui gol Peter Crouch saat pertandingan baru berlangsung selama 19 detik di markas Stoke, sebelum Bojan dan Jon Walters mengubah skor menjadi 3-0 saat turun minum.

Penalti Santi Cazorla dan gol dari Aaron Ramsey memberi harapan kepada Arsenal setelah istirahat, namun kerusakan untuk tim tamu telah begitu besar di mana mereka juga kehilangan Calum Chambers saat pertandingan menyisakan 12 menit.

"Saat kami tertinggal 0-3, kami memiliki bukit untuk didaki. Kami mendakinya dan kami sedikit kurang beruntung," kata pelatih Arsene Wenger.

Kapten Steven Gerrard dibangku cadangkan oleh pelatih Bendan Rodgers ketika Liverpool bermain imbang 0-0 dengan Sunderland di Anfield.

Ia baru dimainkan pada menit ke-67 namun tidak mampu menghidupkan serangan timnya ketika Liverpool tetap menghuni papan tengah klasemen.

Queens Park Rangers menang 2-0 atas Burnley untuk meninggalkan zona degradasi. Tottenham Hotspur bermain imbang 0-0 dengan Crystal Palace, hasil yang sama dengan pertandingan antara Hull City melawan sesama tim papan bawah West Bromwich Albion. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A016)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014