Perkiraan potensi angin puting beliung disertai petir akan terjadi di wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya,"
Palangka Raya (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Tengah mengimbau kepada masyarakat maupun para petani atau peladang berkebun yang ada di daerah itu bisa lebih waspada dengan angin puting beliung disertai petir pada musim penghujan.

"Perkiraan potensi angin puting beliung disertai petir akan terjadi di wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya," kata Kepala BMKG Kalteng, M Mustika di Palangka Raya, Minggu.

Menurutnya, wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) termasuk tertinggi terjadi potensi petir dari provinsi Kalimantan lainnya.

Oleh sebab itulah, Mustika mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat terutama bagi para petani yang sedang berada di areal persawahan maupun warga yang berada di ruangan terbuka.

Hal lain yang juga harus diwaspadai pada musim penghujan saat ini yaitu terjangan angin puting beliung. masyarakat diminta untuk lebih ekstra hati-hati, terutama yang tinggal di daerah dengan hamparan tanah yang luas.

Dikahwatirkan sambaran petir bisa terjadi kapanpun dan mengancam keselamatan jiwa mereka. Apalagi ditambah dengan adanya potensi angin puting beliung.

"Saya minta sebaiknya segera pulang ke rumah tanpa harus menunggu hujan turun terlebih dulu," ucap Mustika.

Dia menjelaskan, musim hujan saat ini terjadi, karena penguapan air di Kalteng cukup tinggi, sehingga menyebabkan uap air menjadi banyak. Adapun uap air ini sebagai asupan dari terbentuknya awan cumulus nimbus.

Adapun ciri-ciri awan cumulus nimbus, warnanya hitam, gelap, dan terlihat rendah. Jika ada awan tersebut, maka biasanya akan turun hujan deras yang disertai petir dan angin.

"Kalau sudah melihat awan seperti itu, segera waspada," katanya.

Pewarta: Ronny NT
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014