Provinsi Jateng sebagai pemenang pertama tingkat provinsi untuk sub bidang bina marga, pemenang kedua tingkat provinsi untuk sub bidang penataan ruang, dan penghargaan khusus karena secara berturut-turut menjadi pemenang pertama,"
Semarang (ANTARA News) - Provinsi Jawa Tengah menerima tiga penghargaan tingkat nasional di bidang pembangunan infrastruktur dari pemerintah pusat.

"Provinsi Jateng sebagai pemenang pertama tingkat provinsi untuk sub bidang bina marga, pemenang kedua tingkat provinsi untuk sub bidang penataan ruang, dan penghargaan khusus karena secara berturut-turut menjadi pemenang pertama," kata Kepala Biro Humas Setda Provinsi Jateng Agus Utomo di Semarang, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa ketiga penghargaan tersebut diserahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan kepada Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono pada acara Malam Penghargaan Pekerjaan Umum 2014 di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta Selatan, Jumat (5/12) malam.

Saat menerima ketiga penghargaan itu, Sekda Jateng Sri Puryono didampingi Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Jateng, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng.

Menurut dia, program pembangunan Pemprov Jateng pada lima tahun kedepan ditekankan untuk mendukung pengembangan wilayah perbatasan antarprovinsi, jalur aksesibilitas jalan dari Pantura-Pansela, mendukung pengembangan kawasan pariwisata, penanganan khusus daerah dengan struktur tanah labil yang berpotensi rawan longsor, serta pengembangan perekonomian wilayah.

"Beberapa kegiatan yang direncanakan antara lain, penyelesaian standarisasi lebar jalan provinsi menjadi minimal enam meter, menambah panjang jalan provinsi sebagai jalan kolektor standar bina marga, mendorong penyelesaian jalur lintas selatan, dan merencanakan perlintasan sebidang dengan rel kereta api dengan fly over," ujarnya.

Terkait dengan penanganan jalan nasional di Provinsi Jateng, kata dia, perhatian utama pemprov setempat adalah menaikkan "travel time" dan menurunkan waktu tempuh antara beberapa kawasan di Kawasan Perhatian Investasi, Kawasan Strategis Nasional, jalur ke pelabuhan.

"Kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain, penyelesaian pelebaran akses keluar jalan tol Pejagan dengan penataan dan perkerasan bahu jalan, membangun beberapa jalan lingkar, dan radial untuk melengkapi jaringan jalan di wilayah perkotaan seperti lingkar luar Semarang, lingkar Brebes-Tegal, lingkar utara Pekalongan, penyelesaian fly over Palur Surakarta, penyelesaian underpass Jatingaleh Semarang, penyelesaian pembangunan jaringan jalan lintas selatan, serta pelebaran jalur lintas tengah," katanya.

Pewarta: Wisnu Adhi N.
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014