Balikpapan (ANTARA News) - Dua menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Menkominfo dan Mendagri, dijadwalkan blusukan ke perbatasan Indonesia-Malaysia di Kalimantan Timur pada pertengahan pekan ini.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara serta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, ditunggu kedatangannya di Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu pada tanggal 10-11 Desember.

"Pak Rudiantara akan meresmikan BTS Telkomsel di Tiong Ohang, Kecamatan Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu," kata Rina Dwi Noviani, dari Divisi Komunikasi Perusahaan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), di Balikpapan, Minggu.

Bersamaan dengan BTS di Tiong Ohang, turut diresmikan 4 BTS lain yang juga melayani warga di perbatasan. Di Long Apari ada satu lagi BTS, lalu satu di Kecamatan Long Lunuk, juga di Kabupaten Mahakam Ulu, satu di Long Layu Kabupaten Nunukan, dan satu di Agung Baru, Malinau.

Nunukan dan Malinau kini bagian dari Provinsi Kalimantan Utara.

Menurut Noviani, Telkomsel "ngebut" menyelesaikan pembangunan BTS-BTS ini. Targetnya adalah semua BTS bisa berfungsi dengan baik sebelum tahun 2014 berakhir.

BTS adalah base transceiver station, atau menara pemancar/penerima telekomunikasi. Di menara itu ditempatkan sejumlah antena untuk memacarkan dan menerima sinyal telekomunikasi.

Noviani juga menjelaskan upaya-upaya untuk mewujudkan layanan di perbatasan itu. Pemprov Kalimantan Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyediakan dana untuk pembangunan menara-menara tersebut. Detasemen Zeni Tempur (Denzipur) Kodam VI Mulawarman menjadi pelaksana teknis konstruksi, dan Telkomsel menyediakan layanan dengan teknologi yang dimilikinya.

"Berkat kerja sama semua pihak, BTS-BTS ini selesai dan bisa berfungsi dengan baik seluruhnya pekan pertama Desember ini," tambah Noviani.

Saat ini seluruh BTS sudah selesai dan berfungsi dengan baik. Dimulai dari Tiong Ohang yang on air atau aktif sejak 26 November, lalu 2 Desember sinyal hadir di Long Lunuk, Long Layu, dan Agung Baru.

Kecamatan Long Apari berada di bagian ujung Kabupaten Mahakam Ulu. Kecamatan ini tempat tinggal etnis Bahau, Kayan, dan Penihing.

Untuk mencapai Tiong Ohang, ibu kota Kecamatan Long Apari, bisa dimulai dari Long Bagun, Kabupaten Kutai Barat. Diperlukan waktu sekitar 6 jam memudiki Sungai Mahakam. Long Bagun sendiri lebih kurang 400 km barat laut Balikpapan.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014