Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengklaim bahwa pemerintah sekarang adalah yang paling memahami dunia usaha karena banyak pejabat yang ditunjuk adalah berasal dari latar belakang seorang pengusaha.

"Yang paling mengerti dunia usaha saat ini adalah pemerintahan masa kini," kata Wapres saat membuka Rapat Kerja Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2014 di Jakarta, Senin.

Karena telah banyak pengusaha yang menempati posisi di jabatan pemerintahan seperti sekarang ini, Jusuf Kalla berseloroh bahwa bila ada yang salah dengan negeri ini adalah "salah pengusaha".

Untuk itu, Wapres menginginkan agar pengusaha pada saat ini juga dapat bekerja dengan sebaik-baiknya guna bisa membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya yang bermanfaat bagi kemajuan perekonomian dan kesejahteraan rakyat secara keseluruhan.

"Zamannya sudah lewat meminta dari pemerintah karena yang berperan saat ini adalah pengusaha," katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Suryo Bambang Sulisto mengatakan, Rapimnas Kadin 2014 mendapatkan momentum penting antara lain dengan adanya suksesi pemerintahan di Indonesia.

Menurut Suryo Bambang Sulisto, penggantian pemerintahan itu juga membawa perubahan fundamental dan struktural dalam pembangunan perekonomian di Tanah Air.

Untuk itu, Ketum Kadin juga mengemukakan bahwa perlu reorientasi peran Kasin sebagai mitra pemerintahan, misalnya dalam mensinergikan rencana pembangunan yang dimulai dari daerah dan wilayah pinggir.

Ia mengemukakan, salah satu cara tersebut adalah melalui penguatan UMKM dengan lebih cepat dan tegas, terutama mengingat terdapat sebanyak 60 juta unit UMKM di Tanah Air yang berkontribusi terhadap 57 persen Produk Domestik Bruto (PDB) serta mampu menampung hingga sekitar 100 juta orang dari angkatan kerja yang ada.

Selain itu, Kadin juga mengharapkan pemerintah dapat mengatasi hambatan guna lebih bisa mengintegrasikan peran dunia usaha dengan pemerintah daerah.

"Dunia usaha bukan hanya entitas yg mengejar laba tapi bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyat," kata Suryo Bambang Sulisto.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014