Bukti kecintaan Rames II terhadap Nefertari ditandai dengan pengadaan kuil khusus di samping kuilnya sendiri di Abu Simbel...
Kairo (ANTARA News) - Mesir dan Italia Senin merayakan hari ulang tahun ke-110 penemuan kubur Ratu Nefertari, salah satu ratu tercantik dalam sejarah Mesir kuno.

Menteri Urusan Purbakala Mesir Mamdouh Al Dimati dan Duta Besar Italia untuk Mesir, Maurizio Massari membuka acara yang dikemas dalam Festival Nefertari.

Festival Nefertari yang dipusatkan di Museum Nasional Mesir, di Tahrir, pusat kota Kairo, itu akan dilanjutkan dengan festival serupa di kota wisata Alexandria (240 km utara Kairo) dan Luxor (600 km selatan Kairo), kata Kepala Museum Nasional, Mahmoud Al Halougi.

Kubur Nefertari itu pertama kali ditemukan oleh arkeolog terkenal Italia, Ernesto Schiaparelli, pada 1904 di Wadi Al Malikaat (Lembah Ratu-Ratu).

Sejumlah fotografi menyangkut fase-fase proses penemuan kubur Ratu Nefertari di Lembah para Ratu digelar dalam festival tersebut.

Nefertari dikenal sebagai salah satu ratu tercantik dan termasyhur Mesir di samping Ratu Cleopatra, Ratu Nefertiti, dan Ratu Hatshempsut.

Nefertari atau populer sebagai Nefertari Meritmut merupakan permaisuri Raja Ramses II.

Ramses II atau Ramses Agung tercatat sebagai penguasa dinasti ke-19 Mesir yang merupakan salah satu Firaun atau raja Mesir kuno terkenal yang hidup tahun 1279-1213 Sebelum Masehi.

Menurut catatan sejarah, Ramses II sangat menyayangi Nefertari.

"Bukti kecintaan Rames II terhadap Nefertari ditandai dengan pengadaan kuil khusus di samping kuilnya sendiri di Abu Simbel yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata arkeolog Mesir Ali Al Safr.

Pewarta: Munawar Makyanie
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014