...saat ini kita sedang melakukan proses tender pembongkaran Stadion Lebak Bulus...
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan Stadion Lebak Bulus akan segera dibongkar menyusul diterbitkannya surat rekomendasi pembongkaran stadion tersebut oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Setelah surat rekomendasi itu diterbitkan, saat ini kita sedang melakukan proses tender pembongkaran Stadion Lebak Bulus," kata Basuki setelah menerima kunjungan Menpora Imam Nachrowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Basuki yang akrab disapa Ahok itu pun berharap proses pembongkaran Stadion Lebak Bulus dapat dimulai sesegera mungkin, sehingga tidak mengganggu jalannya proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan tersebut.

"Selain itu, kita juga akan segera menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pembangunan Stadion Taman Bersih, Manusiawi dan Wibawa, karena akan dijadikan sebagai stadion pengganti Stadion Lebak Bulus," ujar Ahok.

Sementara itu, Menpora Imam Nachrowi menuturkan surat rekomendasi terkait pembongkaran Stadion Lebak Bulus untuk pembangunan depo MRT telah diterbitkan.

"Surat rekomendasi itu sudah ditandatangani dan diterbitkan. Kita memang tidak ingin menghambat jalannya proyek-proyek pembangunan di wilayah ibu kota," tutur Imam.

Setelah menerbitkan surat rekomendasi, pihak Kemenpora pun meminta agar Pemprov DKI Jakarta segera membangun stadion pengganti Lebak Bulus.

"Kalau Stadion Lebak Bulus itu dibongkar, berarti Pemprov DKI harus menyediakan stadion penggantinya. Urusan itu kita serahkan sepenuhnya kepada Pemprov DKI," ungkap Imam.

Surat rekomendasi yang diterbitkan itu, yakni Surat Keputusan (SK) Menpora Nomor 0901 Tahun 2014 tentang Pemberian Rekomendasi Peniadaan dan/atau Pengalihfungsian Prasarana Olahraga Stadion Lebak Bulus Menjadi Mass Rapid Transit.

SK tersebut juga memuat penetapan lokasi lahan pengganti Stadion Lebak Bulus sesuai dengan keputusan Gubernur DKI Jakarta pada 10 Oktober 2014, yaitu di Jalan RE Martadinata/Sunter Permai, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pewarta: Rr Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014