Jakarta (ANTARA News) - Mobil dengan kemampuan memarkirkan diri secara otomatis selama ini sudah tersedia pada beberapa model Toyota.

Sekarang, merek otomotif asal Jepang tersebut memperkenalkan teknologi terbaru untuk meningkatkan kemampuan parkir pintar tersebut.

Kepada wartawan Asia termasuk Indonesia yang diundang Toyota ke Tokyo, Jepang, baru-baru ini, Toyota menyebut teknologi Intelligence Clearance Sonar (ICS) terbaru telah dibenamkan pada sistem parkir pintar Intelligent Parking Assist.

ICS terbaru punya sensor lebih banyak, sehingga menambah kemampuan parkir secara otomatis khususnya ketika hanya terdapat titik sempit untuk parkir pararel maupun sejajar yang memerlukan berkali-kali maju-mundur sambil memutar stir.

Sistem ICS selain membantu saat akan parkir dan keluar parkir, juga mendeteksi potensi tabrakan sekaligus mencegah benturan dengan kendaraan di sebelah maupun benda di sekeliling mobil.

Alarm ICS akan berbunyi ketika di samping kendaraan terdapat benda, misalnya sepeda anak-anak, yang bisa tertabrak saat mobil mulai bergerak.

ICS akan mengaktifkan rem secara otomatis jika saat akan parkir, kendaraan dideteksi akan membentur objek.

Seorang jurnalis bertanya, siapa yang bertanggung jawab jika sistem tersebut karena satu dan lain hal tidak berfungsi hingga terjadi kecelakaan.

"Nama sistem tersebut adalah Intelligent Parking Assist, assist artinya membantu, bukan mengambil alih," kata Yoshikazu Tanaka, Deputy Chief Engineer ZF, Product Planning Group Toyota Motor Corporation.

Tanaka mengemukakan sistem tersebut telah melalui rangkaian uji coba dan telah lulus semua persyaratan pemerintah Jepang.

"Jika ada yang tidak beres dengan sistem, misalnya ada bagian yang tak berfungsi, indikator akan menyala," kata Tanaka.

Dia juga mengemukakan komponen-komponen pada sistem tersebut dirancang untuk masa pakai 10 tahun.

Selain itu, Toyota juga memperkenalkan kemampuan tambahan dari Panoramic View Monitor, dengan tampilan baru See-through view alias pandangan transparan dari sudut pengemudi terhadap sekeliling kendaraan.

Panoramic View Monitor selama ini menampilkan pandangan seolah-olah ada kamera berada di tepat atas kendaraan dan dengan lensa tegak lurus ke bawah.

Padahal, pemandangan yang tampak di layar monitor adalah citra gabungan dari beberapa kamera tersembunyi, misalnya di sekitar kaca spion.

Pengemudi bisa memilih berbagai sudut untuk menampilkan keadaan di setiap sisi sebelum menggerakkan kendaraan.Fitur ini amat berguna jika ada obyek yang sangat dekat dengan kendaraan namun tidak terlihat dari tempat duduk supir maupun kaca spion.

Di Indonesia, teknologi seperti panoramic view monitor juga sudah diterapkan oleh merek lain, misalnya pada Honda Odyssey terbaru.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014