...tenang saja semua akan kebagian
Jakarta (ANTARA News) - Pejabat Eselon I, II dan III Kementerian Perhubungan akan bergilir bertugas pada akhir pekan mulai 2015 untuk menjamin pelayanan terhadap masyarakat.

"Kalau saya boleh memilih, saya enggak mau urus sektor transportasi karena waktu kerjanya 24 jam sehari tujuh hari seminggu, karena itu nanti ada eselon I sampai III bergiliran masuk week end (akhir pekan)," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam sambutannya saat rapat kerja di Kementerian Perhubungan, Jakarta Selasa.

Jonan mengatakan jadwal masuk para pejabat tersebut akan digilir dalam tujuh minggu sekali.

"Kalau dibagi 34 provinsi, semua akan dapat tujuh minggu sekali, tenang saja semua akan kebagian," katanya.

Ia mengatakan rencana pemberlakuan masuk pada akhir pekan tersebut digalakkan guna terwujudnya kesadaran pelayanan.

Jonan juga menekankan agar setiap rapat koordinasi menghasilkan usulan yang konkret, sehingga bisa langsung dan cepat diterapkan.

"Diskusi hasilnya jangan sampai ngambang, akan percuma duduk bersama di sini, ada sektor udara, laut darat dan kereta. Kalau enggak bisa menghasilkan keputusan yang bagus, enggak akan diundang lagi," katanya.

Ia juga berpesan dalam kerja tim dibutuhkan kerja keras dan menghasilkan hasil baik.

"Kalau untuk pribadi, saya percaya keajaiban karena ada Tuhan, tapi untuk organisasi enggak, sulit kalau mengandalkan keajaiban," katanya.

Ia juga menyinggung soal korelasi tingginya tingkat pendidikan dengan kinerja pegawai baik di pemerintahan atau pun swasta.

"Saya enggak peduli sekolah atau enggak, punya ijazah atau enggak yang penting output-nya, bukan sekolahnya, orang sekolah saja belum tentu pintar," katanya.

Jonan mengatakan dari usulan dan imbauan tersebut bertujuan untuk menerapkan reformasi birokrasi yang memiliki banyak tantangan.

Terdapat sembilan program reformasi birokrasi sesuai Perpres Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025, di antaranya manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM aparatur, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, peningkatan kualitas pelayanan publik serta monitoring, evaluasi dan pelaporan.

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014