Langkat (ANTARA News) - Harimau di Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di wilayah Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, mulai turun ke permukiman untuk mencari mangsa karena populasi binatang buruan mereka makin berkurang.

"Ada laporan ternak warga diterkam harimau," kata Kepala Seksi V Wilayah Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat Pabel Turnip di Bahorok, Selasa.

Pabel Turnip menjelaskan warga setempat masih melakukan perburuan sampai ke area berburu harimau sehingga populasi mangsa harimau makin berkurang.

"Itu yang membuat harimau sekarang ini turun di kawasan pemukiman warga di Bahorok," tambah dia.

Polisi hutan Jhon Purba mengatakan petugas keamanan siaga 24 jam di perkampungan yang jadi sasaran harimau untuk mengantisipasi kemungkinan ada harimau yang kembali masuk ke perkampungan.

Ia juga mengimbau wisatawan yang mengunjungi Taman Nasional Gunung Leuser tidak mengunjungi lokasi-lokasi tempat harimau berkeliaran.

"Wisatawan maupun guide yang berada di situ harus keluar karena kawasan itu cukup berbahaya jika harimau merasa terusik akibat mencium aroma manusia bisa mengabaikan bangkai buruan," katanya.

Pewarta: Imam Fauzi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014