Buku ini merupakan kelanjutan buku Keep Your Light On!. Kalau buku yang dulu lebih banyak tentang visi, tetapi kalau sekarang lebih banyak tentang karya,"
Jakarta (ANTARA News) - Yoris Sebastian meluncurkan buku Biang Inovasi yang merupakan kelanjutan dari buku Keep Your Light On! pada 2011.

"Buku ini merupakan kelanjutan buku  Keep Your Light On!. Kalau buku yang dulu lebih banyak tentang visi, tetapi kalau sekarang lebih banyak tentang karya," kata Yoris Sebastian di Jakarta, pada Selasa, (9/12).

"Seperti tips dan trik menjadi inovatif dan melindungi inovasi kamu," katanya.      

Buku dengan tebal 247 halaman itu tidak seperti buku biasa yang dicetak dengan kertas putih. Di beberapa bagian menggunakan kertas berlatar belakang hitam dengan tulisan berwarna merah dan putih.

"Lewat buku ini, saya berharap lebih banyak lagi anak muda yang menciptakan inovasi tingkat dunia, sehingga Indonesia di masa depan akan dikenal sebagai Biang Inovasi," tambahnya lagi.

Bersamaan dengan itu, PT Perada Swara Production meluncurkan website dengan nama sama, bianginovasi.com.

Berangkat dari kisah Tongkat Narsis (Tongsis) yang populer dan diproduksi oleh berbagai negara. Tetapi tidak semua orang tahu bahwa inovasi Tongsisi merupakan karya asli anak bangsa, Babab Dito, yang tidak tahu bahwa alat itu bisa dipatenkan.

Akibatnya, alat serupa boleh diproduksi oleh siapa saja dan dipasarkan dengan nama selain Tongsis.

"Kisah Babab Dito hanya satu dari sekian banyak permasalaha yang menyandung inovator lokal. Terinspirasi dari kisah-kisah tersebut, kami merasa perlu adanya sebuah sarana untuk mencari dan berbagai informasi seputar inovasi," kata Herris Satya dari PT Perada Swara Production.

Dalam website ini masyarakat bisa mengakses berbagai informasi, mulai dari sumber inspirasi, pustaka inovasi hingga bagaimana mewujudkan inovasinya menjadi produk jadi.

"Website ini diharapkan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang tidak bisa dijangkau buku," kata Yoris. "Lewat buku dan website ini, diharapkan akan lebih banyak lagi inovasi karya anak bangsa yang bisa berdampak positif bagi Indonesia dan dunia."

Yoris Sebastian adalah pemenang International Young Creative Entrepreneur of the Year Awards 2006 dari British Council di London.

Pewarta: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014