Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla menghadiri resepsi perayaan hari ulang tahun Kaisar Jepang Akihito ke-81, yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Selasa malam.

"Atas nama pemerintah Indonesia, kami mengucapkan selamat atas peringatan hari ulang tahun Kaisar Jepang. Kami berdoa untuk kesehatan Kaisar agar dapat memimpin masyarakat Jepang untuk lebih maju lagi," ujar Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya.

Acara resepsi itu dibuka dengan pemutaran lagu kebangsaan Indonesia, "Indonesia Raya", dan dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Jepang, "Kimigayo".

Pada kesempatan itu, Wapres menyampaikan harapan bagi peningkatan hubungan yang semakin erat antara Indonesia dan Jepang, baik hubungan antara pemerintah dengan pemerintah, pemerintah dengan masyarakat, maupun hubungan antara masyarakat kedua negara.

Kedubes Jepang di Indonesia merayakan hari ulang tahun Kaisar Akihito yang ke-81 dengan menyelenggarakan resepsi yang menampilkan beberapa pertunjukan seni budaya tradisional dan budaya pop Jepang.

"Saya menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada para hadirin sekalian atas kesediaannya menghadiri resepsi ulang tahun Kaisar Jepang pada malam ini. Kami telah mempersiapkan beberapa acara dan pertunjukan guna membantu para hadirin untuk lebih mengenal Jepang," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki.

Dubes Tanizaki menutup sambutannya dengan mengajak para tamu undangan bersulang bersama bagi kesejahteraan Jepang dan Indonesia dan harapan untuk semakin berkembangnya hubungan erat antara kedua negara.

"Selama ini Jepang terus memperdalam hubungan ekonomi yang saling menguntungkan dengan Indonesia, dan saya yakin bahwa hubungan ini akan terus diperkuat dan dikembangkan di berbagai bidang," kata dia.

Tanizaki juga menyebutkan tentang peningkatan pertukaran warga Jepang dan Indonesia. Menurut dia, jumlah kunjungan warga antara Jepang-Indonesia mencapai lebih dari 610.000 orang pada tahun lalu, dan angka itu diharapkan akan terus meningkat.

"Mulai 1 Desember lalu, pemerintah Jepang telah menerapkan skema bebas visa bagi warga negara Indonesia yang bisa diperoleh dengan persyaratan tertentu. Saya gembira bisa melihat masyarakat Indonesia dapat berkunjung ke Jepang melalui prosedur yang lebih sederhana sehingga bisa lebih dekat dengan Jepang," ujar Dubes Jepang itu.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014