Jakarta (ANTARA News) - Bertanding dalam laga terakhir fase grup Liga Champions, tuan rumah Liverpool tak bisa memanfaatkan tampil di kandang seri untuk meraih poin penuh setelah hanya mampu seri 1-1 melawan tamunya FC Basel.

Dituntut harus menang untuk bisa lolos dari fase grup, The Reds yang tampil dominan di kandangnya di Anfield, kebobolan lebih dulu pada babak pertama.

Kebobolan itu terjadi pada menit 25 setelah Fabian Frei menerima sebuah umpan untuk menusuk ke jantung pertahanan Liverpool dengan menaklukkan Joe Allen lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Ini adalah gol ketiga Frei ke gawang klub-klub Inggris setelah dia sukses melakukannya ke gawang Manchester United dan Tottenham Hotspur FC beberapa waktu sebelumnya.

Liverpool baru bisa membalas gol pada menit 81 lewat Steven Gerrard dari situasi set peace lewat tendangan bebas langsung.

Ini adalah gol ke-30 Gerrad di Liga Champions.

Liverpool tersisih dari Liga Champions dengan hanya mampu mengemas 5 poin atau dua poin di bawah FC Basel yang akhirnya lolos mendampingi Real Madrid ke fase knockout.

Basel sendiri gagal memburu kemenangan tandang pertamanya setelah dikalahkan Madrid 1-5 dan Ludogorets 0-1.

Pada lima laga Liga Champions dan empat Liga Europa, Basel setidaknya selalu berhasil membawa satu poin dari laga tandangnya.

Sebaliknya, Liverpool yang dituntut menang, tidak pernah menang pada empat pertandingan terakhirnya di Liga Champions sejak mengalahkan Ludogorets Razgrad lewat gol telat dari titik penalti yang dilesakkan Steven Gerrard.

Pada laga Grup B lainnya, Real Madrid menang besar 4-0 dari tamunya Ludogorets berkat gol-gol Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, Arbeola dan Medran.

Susunan pemain Liverpool vs Basel seperti dikutip ESPN.com:

Liverpool: Simon Mignolet, Glen Johnson, José Enrique, Dejan Lovren, Martin Skrtel, Steven Gerrard, Jordan Henderson, Lucas, Joe Allen, Raheem Sterling, Rickie Lambert
 
FC Basel: Tomás Vaclik, Fabian Schär, Marek Suchy, Behrang Safari, Luca Zuffi, Shkelzen Gashi, Fabian Frei, Mohamed Elneny, Taulant Xhaka, Marco Streller, Derlis González

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014