Jakarta (ANTARA News) - Band asal Yogyakarta Sheila On 7 berencana akan pindah ke label indie setelah 16 tahun berkarya bersama major label "Sony Music".

"Kami bukannya mau memperpanjang kontrak tetapi selama 16 tahun ini, kami sudah memperpanjang kontrak dua kali dan kami rasa ini saat yang tepat untuk lanjut ke 'chapter' selanjutnya. Mencoba atmosfer yang lain. Ibaratnya anak umur 16 tahun kan ingin mencoba sesuatu yang beda," kata Duta sang vokalis saat jumpa pers peluncuran album terbarunya "Musim yang Baik" di Hard Rock Cafe, Jakarta, Rabu.

Meski beralih ke label indie, Duta mengatakan kemungkinan untuk bekerja sama dengan pihak lain maupun kontrak dengan label besar selalu ada.

"Sebenarnya kita tidak mau memikirkan itu dulu. Kalau album ini panjang nafasnya, maka tahun 2015 kami pasti akan masih sibuk dengan promo-promo, jadi nanti akan tergantung seberapa lama dan seberapa bagus respons masyarakat akan album baru ini sih," kata Duta.

Terjun ke dunia indie, Duta, Eross, Adam, dan Anton mengaku sudah siap dengan segala perubahan ritme dan sistem bekerja.

"Pastinya kita sudah siap, kita bukannya orang yang jatuh ke hutan belantara lalu tak tahu harus berbuat apa," katanya.

Sheila On 7 menandatangani kontrak rekaman dengan Sony Music pada 1998 dengan perjanjian empat album, rupanya single "Dan" meledak dan kedua belah pihak sepakat memperpanjang kontrak sampai enam album.

"Setelah enam album, rupanya 'Sephia' meledak juga dan jadilah kita diperpanjang delapan album lagi," kata Duta.

Mengingat album kedelapan Sheila On 7 "Musim yang Baik" adalah album perpisahan, maka Duta dan kawan-kawan mengaku menggarapnya dengan sungguh-sungguh.

Sheila On 7 membutuhkan waktu hingga tiga tahun untuk menyelesaikan album yang mengusung konsep "4 piece" yang fokus pada vokal, gitar, bass, dan drum itu.

Dengan kembali pada teknik rekaman sebelum era digital, Sheila On 7 berusaha mengurangi overdub dan efek sound sehingga memunculkan efek "murni" dari sebuah lagu.

"Jadi bunyi-bunyian pada lagu-lagu di album ini, nantinya akan terdengar sama seperti kalau menyaksikan kami bermain live," kata Duta.

10 lagu di dalam album terakhir Sheila On 7 dengan Sonny Music tersebut antara lain: Selamat Datang, Satu Langkah, Buka Mata Buka Telinga, Canggung, My Lovely, Beruntungnya Aku, Lapang Dada, Belum, Musim yang Baik, dan Sampai Jumpa.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014