Dalam ajang ini, PGN berhasil meraih nilai tertinggi sehingga berhak memperoleh predikat "Best Sustainability Report 2013 Overall" atau juara umum,"
Jakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berhasil menjadi juara umum dalam ajang penghargaan atas laporan berkelanjutan atau "Sustainability Reporting Award" (SRA) 2014 di Jakarta, Rabu malam.

"Dalam ajang ini, PGN berhasil meraih nilai tertinggi sehingga berhak memperoleh predikat "Best Sustainability Report 2013 Overall" atau juara umum," ujar Direktur Eksekutif National Center for Sustainability (NCSR) selaku penyelenggara, Ali Darwin.

Terdapat 35 perusahaan yang ikut dalam ajang tahun ini. Laporan berkelanjutan memuat kinerja perusahaan dalam tiga aspek yakni ekonomi, lingkungan dan sosial.

"Dari laporan tersebut diketahui, apakah perusahaan melakukan efisiensi, pengelolaan limbah dengan benar, upaya yang dilakukan untuk menekan emisi gas rumah kaca, perlakuan perusahaan pada karyawan, hingga upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

"Banyak pertanyaan yang bisa dijawab melalui laporan ini," tambah dia.

Ajang penghargaan tersebut diselenggarakan sejak 2005, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dunia usaha akan arti penting laporan keberlanjutan.

"Laporan itu juga media untuk menunjukkan level transparansi dan akuntabilitas suatu organisasi."

Terdapat lima kategori pada SRA 2014 yakni mineral dan batubara, energi dan migas, infrastruktur, manufaktur, serta jasa keuangan,

Mantan Menteri Lingkungan Hidup, Sarwono Kusumaatmadja, mengatakan jika pada 2005 tercatat hanya satu perusahaan yang membuat laporan berkelanjutan, maka pada 2014 jumlahnya mencapai 60 perusahaan.

Direktur PGN, Djoko Saputro, mengatakan penghargaan itu merupakan hadiah tutup buku yang membahagiakan. "Terutama bagi teman-teman insan PGN yang telah bekerja keras menjalankan prinsip transparansi dan akuntabilitas," kata Djoko.


Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014