Palembang (ANTARA News) - Ratusan penari meriahkan pembukaan Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN sean ke-17 di Palembang, Rabu malam, dengan menampilkan keanekaragaman budaya nusantara.

Penampilan penari yang membawakan tari khas dari berbagai daerah nusantara yang dipandu Denny Malik itu disambut meriah seribuan penonton yang menyaksikan pembukan pesta olahraga bagi kalangan mahasiswa tersebut.

Tarian Kolosal yang menampilkan keanekaragaman budaya itu memang ditampilkan untuk menyatukan kebudayaan yang ada di nusantara.

Pembukaan POM Asean yang ditandai penyulutan obor oleh Wakil Presiden HM Jusuf Kalla itu juga dimeriakan kembang api sehingga peserta merasa kagum.

Selain kembang api juga penyanyi ternama Indonesia seperti dari Band Gigi, Dwi Gita dan penyanyi ternama lainnya.

Bahkan, saat Gigi menyanyikan lagu kelihatan sekitar serarus penyanyi latar turut berdemontrasi dengan kerlap kerip lampu di tubuh mereka.

Itu membuat penonton semakin kagum dan terus bersorak gembira dengan penampilan penari latar mengiringi Band Gigi bernyanyi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, POM Asean sebagai ajang persahabatan melalui mahasiswa sehingga kedepannya semakin akrab.

Selaian itu, melalui POM Asean itu diharapkan negara Asean Tenggara akan semakin menyatu seperti selama ini.

Wakil Presiden dalam acara itu didampingi Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan pejabat nengara serta pejabat pemeritah provinsi lainnya.

POM Asean mempertandingkan 20 cabang olahraga antara lain pencak silat, renang, bola voli, basket, tenis meja, panahan, sepak takraw dan sepak bola.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014