Baghdad (ANTARA News) - Sebuah bom mobil bunuh diri menewaskan sembilan milisi Syiah dalam serangan dekat kota Irak Tikrit Rabu, kata tentara dan sumber rumah sakit.

Penyerang bunuh diri menabrakkan kendaraan bermuatan bahan peledak ke dalam satu pertemuan pejuang Syiah sekitar 20 kilometer (12 mil) selatan Tikrit, lapor AFP.

Seorang letnan kolonel militer mengatakan sembilan relawan Syiah tewas dan 13 orang lainnya terluka, termasuk lima warga sipil.

Satu sumber medis di Samarra, lebih jauh ke selatan, mengkonfirmasi jumlah kematian itu.

Beberapa hari terakhir telah terjadi pelonjakan dalam kekerasan di selatan Tikrit dan sekitar Samarra antara pasukan pro-pemerintah dan kelompok garis keras Negara Islam (ISIS).

Operasi bersama oleh tentara, pejuang Peshmerga Kurdi dan kelompok milisi Syiah telah terjadi, dengan dukungan Iran, untuk menekan para pejuang ISIS dari beberapa posisi mereka di Irak timur.

Para pelaku jihad, yang menguasai Tikrit dan memiliki posisi di sekitar Samarra, banyak melakukan serangan di sekitar kedua kota itu untuk mempertahankan tekanan pada pasukan pro-pemerintah. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014