Phnom Penh (ANTARA News) - Kamboja Rabu membantah laporan penangkapan dan pendeportasian 13 pencari suaka Montagnard ke Vietnam, dan mengatakan laporan itu "tidak benar, tidak berdasar dan tidak bertanggung jawab."

"Di masa lalu, telah ada argumen bahwa Kamboja telah menangkap 13 Montagnard dan mengirim mereka kembali ke Vietnam," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Jenderal Khieu Sopheak dalam satu pernyataan, lapor Xinhua.

"Saya menyangkal keras informasi yang tidak benar dan saya melihatnya sebagai tuduhan tanpa tanggung jawab dari setiap individu masyarakat atau perdata."

"Saya ingin memastikan bahwa hingga saat ini, kami belum menerima informasi spesifik tentang keberadaan atau lokasi Montagnard (di Kamboja)," katanya.

Penolakan itu terjadi setelah kelompok hak asasi lokal diduga mengatakan, bahwa Kamboja telah menangkap orang-orang pencari suaka Montagnard dan mereka dipulangkan ke Vietnam.

Dalam beberapa pekan terakhir, media Kamboja melaporkan bahwa polisi Kamboja sedang mencari di timur laut negara itu 13 orang minoritas etnis pegunungan Vietnam, yang dikenal sebagai Montagnard, dengan maksud untuk mendeportasi mereka ke Vietnam. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014